Minggu, 06 Nov 2016 14:06 WIB

iPhone Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Getty Images
Jakarta - Smartphone kerap menjadi penyebab rusaknya pola tidur pengguna. Sebaliknya, iPhone menjanjikan penggunanya bisa tidur makin nyenyak.

Sejumlah fitur di iPhone diklaim bisa membuat kualitas tidur pengguna lebih baik dari sebelumnya. Berikut tiga langkah yang harus dilakukan, dikutip detikINET dari berbagai sumber, Minggu (6/11/2016).

1. Menggunakan fitur Bedtime

Bedtime merupakan fitur baru yang dihadirkan Apple pada iOS 10. Lewat fitur ini, kita dimungkinkan untuk memantau kebiasaan tidur dan membuat bangun tidur lebih konsisten. Fitur ini dapat kita akses dari aplikasi Clock. Lalu pilih ikon tempat tidur di bagian bawah layar.

Kemudian atur waktu bangun tidur dan hari apa saja alarm tidak diaktifkan. Lalu atur pula berapa lama waktu tidur.

iPhone Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak? Foto: Fitur iPhone


Selanjutnya atur pengingat tidur. Kita diminta untuk mengatur kapan waktu pengingat akan muncul dan memilih bunyi alarm. Setelah mengatur, ke depannya saat ingin mengatur waktu tidur dan bangun, cukup menggerakkan ikon di lingkaran yang tampil di layar.

Fitur Bedtime ini akan tersinkron ke aplikasi Health untuk memantau data kebiasaan tidur. Tapi semua ini harus diperlukan konsitensi dari pengguna agar semuanya berhasil dijalankan.


2. Suara Alam di Apple Music

Beberapa orang tidak dapat tidur tanpa ada suara yang didengar di sekelilingnya. Terkadang mendengarkan musik bisa menstimulasi. Nah di Apple Musik, ada sejumlah koleksi suara alam seperti hujan, debur ombak, aliran air dan lain-lain yang dapat membantu pengguna merasa rilek dan bantu mempercepat tidur.

iPhone Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak? Foto: Fitur iPhone


3. Menonaktifkan tombol Snooze

Penelitian para ilmuwan mendapati tombol snooze malah membuat orang lebih lelah. Mungkin dikarenakan faktor telat bangun karena menekan tombol snooze saat alarm berbunyi.

Nah, ada baiknya menghindari kebiasaan buruk tersebut. Untuk menonaktifkan snooze, buka aplikasi Clock, lalu tekan tombol Edit, kemudian pilih alarm yang akan diatur. Selanjutnya pada opsi Snooze, geser tombol ke kiri.

Semoga tiga tips ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

iPhone Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak? Foto: Fitur iPhone
(afr/rns)