Jumat, 04 Nov 2016 07:13 WIB

JKT48 Ikut Ramaikan Spotify

Yudhianto - detikInet
Foto: Rina Atriana/detikcom Foto: Rina Atriana/detikcom
Jakarta - Fans JKT48 boleh tersenyum, pasalnya kini idol group tersebut sudah resmi ikut meramaikan layanan musik digital Spotify.

Sejumlah lagu andalannya pun siap memanjakan para fans JKT 48, seperti Heavy Rotation, River, Love Trip, dan juga lagu-lagu lainnya yang kerap ditampilkan di JKT48 Theater.

JKT48 sendiri kini telah memasuki tahun ke-5 dalam kancah musik nasional. Selama itu grup vokal ini juga selalu mengikuti perkembangan di dunia digital. Jadi tak mengejutkan kalau JKT48 akhirnya ikut menjejakkan kakinya dalam komunitas musik Spotify.

Namun apa yang dilakukan JKT48 berbeda dengan sister group-nya yang berbasis di Jepang, AKB48. Idol group di negeri matahari terbit itu malah memilih hengkang dari layanan Spotify. Hal ini seperti yang ditemui detikINET, di mana lagu-lagu AKB48 di Spotify hanya tinggal satu yang bisa dinikmati. Itu pun diambil dari album soundtrack film animasi Wreck-it Ralph.

Tapi bukannya tanpa alasan, pasalnya di Jepang penjualan musik secara fisik lebih diminati ketimbang digital. Apalagi penjualan musik fisik kerap disertai berbagai macam bonus, semisal poster atau photo pack. Tak heran, masyarakat Jepang lebih memilih untuk membeli rilisan fisik.

Hal itu juga turut disadari Spotify yang baru saja menjejakan kakinya di negeri Matahari Terbit. Untuk menarik minat, Spotify turut menghadirkan fitur lirik yang bisa dinikmati oleh pengguna Spotify Jepang yang notabene gemar berkaraoke. (yud/mag)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed