Senin, 05 Sep 2016 13:15 WIB

ZenFone 2 Akhirnya Cicipi Android Marshmallow

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Setelah beberapa kali tertunda dan akhirnya ngaret dari rencana awal, Asus akhirnya memastikan akan memberikan pembaruan Android 6.0 Marshmallow ke ZenFone 2.

Ada dua seri ZenFone 2 yang kebagian Marshmallow, yaitu ZE551ML dan ZE550ML, yang keduanya merupakan perangkat yang dirilis 2015 lalu. Pembaruan ini bisa didapat secara over-the-air alias OTA, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (5/9/2016).

Namun jika pembaruan secara OTA itu tak kunjung muncul, penggunanya juga bisa mengunduh pembaruan tersebut dan menginstalnya secara manual.

Selain memperbarui versi software, perusahaan asal Taiwan itu juga menghapus banyak bloatware dan bug di ponsel flagshipnya itu, termasuk sejumlah perbaikan performa. Maka tak aneh jika pembaruan ini besar filenya mencapai 1,1 GB.

Tak semua bloatware dihapus, melainkan ada juga yang diubah menjadi aplikasi biasa yang bisa di-uninstal. Namun ada juga aplikasi bawaan seperti Asus Email, Calendar dan beberapa aplikasi lain yang dihapus, sehingga pengguna bisa memilih aplikasi sejenis yang sudah disediakan oleh Google.

ZenFone 2 pertama dirilis dengan OS Android 5.0 Lollipop, yang dijanjikan akan diperbarui menjadi Marshmallow pada Februari 2016. Namun rencana tersebut tak terwujud dan akhirnya baru kesampaian pada September ini. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed