Pendiri Apple Cemaskan iPhone 7

Pendiri Apple Cemaskan iPhone 7

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 25 Agu 2016 13:59 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Steve Wozniak, sang pendiri Apple selain Steve Jobs, agak mencemaskan iPhone 7 atau apapun namanya nanti. Itu terkait dengan rumor yang deras beredar bahwa Apple akan menghilangkan jack audio 3,5 mm di iPhone generasi terbaru itu.

Menurut Woz, demikian ia biasa dipanggil, langkah itu bisa menyurutkan minat konsumen. "Jika iPhone kehilangan earphone jack, maka akan menyurutkan minat banyak orang," sebutnya yang detikINET kutip dari NYDaily News, Kamis (25/8/2016).

Kabarnya, headphone di iPhone nantinya akan dicolokkan ke port lightning. Sehingga barangkali merepotkan jika pengguna ingin mendengar dengan headphone lain, kemungkinan harus melalui bluetooth.

"Aku sendiri tidak akan memakai bluetooth. Aku tidak suka nirkabel. Bluetooth kedengaran flat suaranya untuk musik," demikian alasan Woz yang sudah lama meninggalkan Apple, tapi tetap memperhatikan perkembangan perusahaan yang dibesarkannya itu.

"Jika ada generasi bluetooth yang punya bandwidth lebih tinggi dan kualitas lebih baik, yang bisa memperdengarkan suara seperti musik sesungguhnya, aku akan memakainya. Tapi ya lihat saja. Apple itu bagus dalam hal menggerakkan menuju ke masa depan," pungkas Woz.

Apple memang tak mengkonfirmasi rumor tersebut. Namun beberapa paten dan bocoran foto mengindikasikan earphone jack standar memang akan dihilangkan di iPhone terbaru. Untuk melihat kebenarannya, tunggu saja rilis resmi iPhone anyar di awal September mendatang.

(fyk/rns)