Selamat Ulang Tahun, iPhone!

Selamat Ulang Tahun, iPhone!

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 30 Jun 2016 08:08 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Perjalanan iPhone sudah mencapai angka 9 tahun, tepatnya pada 29 Juni 2016. Sepanjang waktu itu pula, smartphone besutan Apple tersebut terus menorehkan berbagai pencapaian.

Pada 9 tahun yang lalu, iPhone pertama dijual di Amerika Serikat (AS). Lebih detailnya, iPhone pertama melenggang pada 29 Juni 2007, pukul 6.00 sore waktu setempat di sejumlah toko retail Apple di seluruh negeri Paman Sam.

Saat itu, seperti dikutip detikINET dari Business Insider, Kamis (30/6/2016), 164 toko retail Apple di AS buka sampai tengah malam. Konsumen bisa membeli hingga dua iPhone, sesuai urutan antrean kedatangan. Dibanderol mulai dari USD 499, iPhone menawarkan varian 4 GB dan 8 GB (USD 599).

Generasi pertama iPhone ketika itu baru bisa dibeli konsumen AS. Baru lima bulan kemudian, pada November 2007, iPhone menyambangi Inggris, Jerman dan Prancis. Selanjutnya pada April 2008, iPhone pertama diperkenalkan di Irlandia dan Austria.

iPhone mencuri perhatian karena dipandang revolusioner. Perangkat ini adalah smartphone pertama yang tampil minimalis. Hanya ada layar sentuh dengan teknologi capacitive yang memudahkan pengguna, tombol home di bawah layar, tombol power, dan tombol volume. Tidak ada keyboard plastik di layar, juga stylus seperti smartphone pada umumnya di jaman tersebut.

Meski revolusioner dari segi desain, iPhone generasi pertama masih memiliki banyak kekurangan. iOS pertama yang dibenamkan di iPhone masih sangat sederhana dan masih memerlukan polesan di sana-sini, ditambah koneksi GPRS yang lambat. Apple pun waktu itu belum memiliki App Store.

Namun semua kekurangan itu dijawab Apple di iPhone dengan iOS generasi berikutnya. Pada 2008, Apple merilis ulang iPhone pertama dengan kapasitas 8 GB dan 16 GB serta iPhone 3G yang sesuai namanya, mendukung koneksi data seluler 3G.


Berturut-turut setelah itu, dirilis generasi selanjutnya iPhone 3GS (Juni 2009), iPhone 4 (Juni 2010), iPhone 4S (Oktober 2011), iPhone 5 (September 2012), iPhone 5C dan iPhone 5S (September 2013) dan yang paling baru yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang dirilis September 2014.

Seiring perkembangannya, Apple juga terus mengupdate sistem operasi yang dibenamkan di dalamnya dan menambahkan berbagai dukungan. Di ajang World Wide Developer Conference Juni 2016, Apple resmi memperkenalkan iOS 10 yang memiliki segudang fitur baru.

Rumor beredar, Apple sedang bersiap merilis iPhone generasi terbaru yang disebut-disebut sebagai iPhone 7. Kabarnya, Apple akan merilis tiga varian smartphone baru, yakni iPhone 7, 7 Plus dan 7 Pro. Ketiganya bakal ditenagai prosesor A10 dan dukungan RAM berkapasitas 3 GB.

Perusahaan yang berpusat di Cupertino, California, AS tersebut akan membenamkan NAND Flash ROM dengan tiga pilihan kapasitas, yakni 16 GB, 64 GB dan 256 GB. Rencananya ponsel ini bakal diperkenalkan September mendatang.

(rns/rou)