Minggu, 19 Jun 2016 15:25 WIB

Sony Boyong 6 Headphone Bluetooth ke Indonesia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Sony
Jakarta - Diferensiasi adalah hal yang penting dalam merilis perangkat headphone, karena banyaknya pabrikan yang bermain di pasar ini, seperti yang dilakukan Sony dengan merilis jajaran headphone dengan koneksi Bluetooth anyarnya.

Kelebihan jenis headphone nirkabel ini sudah jelas, tak ada lagi kabel yang menjuntai dan terpasang ke ponsel maupun pemutar MP3. Dan semua headphone Sony anyar ini dilengkapi dengan fitur NFC agar lebih mudah menghubungkannya ke perangkat lain.

Dari 6 headphone anyar itu, yang paling dijagokan oleh Sony adalah MDR-1ABT, yang merupakan penerus dari MDR-1A. Headphone ini diklaim sangat nyaman dipakai karena mempunyai bantalan telinga yang ergonomis dan desain yang dapat mencegah kebocoran suara.
Diafragma Liquid Crystal Polymer Film yang dilapisi dengan alumunium ringan dan responsif juga memberikan kekokohan yang diperlukan untuk memproduksi suara secara seimbang, sementara meminimalisir distorsi pada seluruh spektrum audio. Headphone berwarna hitam ini dijual dengan harga Rp 5,99 juta.

Sementara dari lini Extra Bass, ada dua headphone nirkabel yang ditawarkan, yaitu MDR-XB650BT dan MDR-XB950BT. Keduanya adalah headphone on-ear, dengan perbedaan ukuran driver.
XB650BT menggunakan driver berukuran 30mm sementara XB950BT memakai driver berukuran 40mm yang dilengkapi dengan magnet neodimium dengan kepadatan magnetik yang tinggi. Hal ini membuat XB950BT bisa dengan mudah menghasilkan getaran sub-bas yang sangat dalam. Kedua headphone ini dibandrol dengan harga RP 1,7 juta dan Rp 2,5 juta.
Kemudian ada juga headphone dari seri h.ear, yaitu h.ear on MDR-100ABN dan h.ear in MDR-EX750BT. Yang disebut pertama adalah headphone over the ear, sementara yang satunya adalah headphone in-ear.

Keduanya tersedia dalam pilihan warna cerah seperti hitam, kuning, merah, biru dan pink. Sementara harganya adalah Rp 4,99 juta untuk 100ABN dan Rp 2,7 juta untuk EX750BT.

Terakhir adalah MDR-ZX770BN, yang merupakan headphone nirkabel Sony dengan fitur Digital Noise Cancelling, yang digabungkan dengan headphone bertipe over the ear. Kombinasi ini diklaim bisa menghilangkan kebisingan dari kabin pesawat ataupun moda transportasi lain.

Jika fitur noise cancellingnya dinyalakan, headphone ini akan bisa bertahan selama 13 jam. Pun jika baterainya sudah habis pengisian baterainya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan port microUSB. Harganya? Rp 2,29 juta. (asj/asj)