Kamis, 16 Jun 2016 13:10 WIB

Getty Kebobolan Ribuan Foto, Diperjualbelikan di Facebook

Yudhianto - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Layanan penyedia foto Getty Images mengaku kecolongan ribuan foto. Parahnya, foto-foto hasil curian itu diperjualbelikan di Facebook.

Tercatat ada sekitar 3.400 foto yang disebut Getty diambil dari layanannya secara ilegal. Namun Getty mengaku telah menemukan pelakunya yang adalah warga Ohio, Amerika Serikat.

Pria ini men-download ribuan foto dari layanan Getty dengan menggunakan akun orang lain. Belum diketahui bagaimana pria tersebut mendapatkan aksesnya.

Selanjutnya foto-foto hasil curiannya ditawarkan ke sejumlah media melalui Facebook. Pria yang diketahui punya panggilan Mark ini menggunakan grup Facebook dengan nama Spaghetti dan Apples.

Harga yang disodorkannya pun terbilang murah, tiap foto hanya dihargai senilai 75 sen. Tapi harga tersebut berlaku untuk jumlah pembelian tertentu.

Terbongkarnya aksi Mark pertama kali diketahui perusahaan rekanan Getty yang coba melakukan penawaran. Mark yang kemudian memberikan instruksi spesifik untuk melakukan transaksi, akhirnya jadi bahan untuk Getty melakukan investigasi.

Kebanyakan foto-foto yang dicuri Mark adalah jepretan momen-momen olahraga dari kompetisi NHL, MLB dan NFL.

Investigasi Getty juga tak akan berhenti di Mark, seperti detikINET kutip dari Digital Trends, Kamis (16/6/2016), kabarnya Getty juga akan memburu pembeli foto-foto curian Mark.

(yud/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed