Senin, 13 Jun 2016 16:48 WIB

Laporan dari San Francisco

Lenovo ThinkPad X1 Hanya Berbalut 'Tuksedo'

AN Uyung Pramudiarja - detikInet
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
San Francisco - Warna hitam dan track point merah di tengah-tengah keyboard adalah ciri khas produk-produk ThinkPad sejak masih dimiliki oleh IBM. Lenovo bakal tetap mempertahankannya pada seri X1.

"Warna hitam pada ThinkPad itu seperti tuksedo hitam pada James Bond. Tidak, tidak akan ada warna lain untuk X1," kata Kevin Beck, World Wide Senior Competitive Analyst Lenovo, dalam konferensi pers di sela-sela TechWorld 2016 di San Francisco, baru-baru ini.

Sampai saat ini, track point merah memang masih bertahan di semua produk ThinkPad. Namun untuk warna hitam, beberapa produk ThinkPad telah menghadirkan pilihan warna lain yakni silver. Warna alternatif ini bisa ditemukan antara lain pada seri ThinkPad Yoga dan ThinkPad 13.

Konsisten warna yang itu-itu saja, ThinkPad X1 series sekaligus juga mempertahankan ciri khas lain ThinkPad lainnya yakni tahan banting. Plus, berbagai inovasi disematkan untuk membuatnya lebih ramping dan ringan tanpa kehilangan kekuatannya.
Kevin Beck, World Wide Senior Competitive Analyst Lenovo.

Pada ThinkPad X1 Tablet misalnya, perangkat-perangkat modular yang bisa dilepas-pasang membuatnya rentan lepas atau patah.

Namun dengan desain yang presisi, Lenovo bisa membuatnya sangat solid sekaligus mudah dibongkar pasang dengan hanya 5 baut untuk menahan tutupnya.

Upaya untuk menciptakan laptop yang super tipis sekaligus tahan banting ditunjukkan pada ThinkPad X1 Carbon/Yoga. Untuk seri ini, Lenovo sampai harus menggunakan campuran magnesium yang khusus diformulasi untuk produk tersebut.
Material cover belakang X1 Carbon.

Inovasi pada lapisan keyboard juga diperhitiungkan dengan cermat. Penggunaan anti-oil dan anti-abrasi pada produk-produk seri X1 membuat permukaan keyboardnya kelihatan lebih awet, walau sebenarnya perubahan tekstur akibat terlalu sering dipakai tidak selalu mengurangi fungsi keyboard. (up/ash)