SPC Incar Kursi Raja Gadget Menengah Bawah

SPC Incar Kursi Raja Gadget Menengah Bawah

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Kamis, 09 Jun 2016 14:16 WIB
Foto: detikINET/Agung Pambudhy
Jakarta - Lama tak terdengar gaungnya, SPC coba comeback dengan merilis tablet P5 Speed yang dihargai Rp 600 ribuan. Hadirnya perangkat ini menjadi ujung tombak SPC untuk menggempur pasar gadget menengah ke bawah yang dianggap wah.

Rencana ini diutarakan Raymond Tedjokusumo, Chief Operating Officer SPC Mobile ketika ditemui usai peluncuran P5 Speed di Artotel, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

"Kalau saya lihat pangsa pasar middle to low sangat baik, volumenya lebih besar. Dan kalau kita lihat kompetitornya di segmen itu saat ini tidak terlalu banyak dibandingkan tahun 2008. Apalagi ditunjang dengan pabrik dan development sendiri, kami memutuskan untuk fokus di segmen itu," tuturnya.

Ditanya seberapa besar pangsa pasar itu, Raymond menjawab jika dari total 40-50 juta penjualan smartphone dan tablet di Indonesia, maka hampir 50% di antaranya diambil segmen menengah ke bawah.

"Jadi sangat besar peluangnya. Dan target pasarnya memang rata-rata di kota kedua seperti Purwakarta dan Cirebon yang penduduknya juga cukup besar," lanjut Raymond.

Untuk ukuran brand lokal, SPC mengklaim saat ini cukup bertaji di jajaran lima besar pemain lokal. Jimmy Susanto, National Sales Manager SPC Mobile mengatakan, brand SPC menempati posisi runner-up di daftar lima besar brand gadget lokal.

"Sejak 2008 brand kami dirilis, saat ini sudah berhasil menempati urutan nomor dua dengan raihan total pangsa pasar lebih dari 10%. Targetnya sih dalam satu dua tahun ke depan kami bisa menempati posisi nomor satu," Jimmy menegaskan. (mag/ash)