Samsung Patenkan Ponsel Layar Lipat Seperti Kertas

ADVERTISEMENT

Samsung Patenkan Ponsel Layar Lipat Seperti Kertas

Yudhianto - detikInet
Selasa, 31 Mei 2016 17:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah menciptakan tren ponsel layar lengkung lewat teknologi Edge, Samsung mungkin akan membuat tren baru lagi. Pasalnya, produsen ini baru saja mendaftarkan paten ponsel dengan layar lipat.

Jadi tak sekadar lengkung, layarnya disebut benar-benar bisa dilipat seperti kertas. Tak cuma itu, bahkan sebuah sumber juga sesumbar kalau Samsung bakal membenamkan pemindai retina di ponsel tersebut.

Hal tersebut lantas memunculkan isu kalau ponsel lipat ini sangat mungkin bakal diposisikan oleh Samsung di kelas atas.

Kalau dilihat dari gambar patennya yang didaftarkan Samsung, ketika dalam mode normal atau tidak dilipat, penampakan Galaxy lipat ini tampil layaknya smartphone pada umumnya. Jadi layar yang dipakai seperti yang ada di banyak smartphone saat ini.

Namun siapa sangka kalau layar tersebut bisa dilipat bak sebuah kertas. Praktis penampilan ponselnya pun langsung jadi sangat simpel ketika dalam mode lipat. Pengguna bisa dengan mudah dan nyaman memasukannya ke dalam kantung karena bentuknya yang seperti dompet.

Tapi mungkin Samsung bukan satu-satunya produsen yang mengembangkan layar lipat. Kabarnya Apple juga punya rencana ke arah yang sama dengan mengandalkan teknologi bernama nanowire screen.

Hanya saja layar nanowire yang akan dipakai Apple sepertinya tidak akan bisa sampai dilipat seperti layar yang dikembangkan Samsung. Sebuah sumber menyebut Apple menggunakan layar nanowire yang punya kemampuan fleksibel semata-mata demi menciptakan layar ponsel yang tahan banting.

Malah ada yang bilang kalau layar nanowire di iPhone atau iPad sudah akan hadir ketika Apple merayakan hari jadi iPhone yang ke-sepuluh tahun. Tapi tentu saja karena sifatnya tebakan, butuh pembuktian lebih lanjut. (yud/ash)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT