Selasa, 31 Mei 2016 07:24 WIB

Apple Gagal Jualan iPhone Bekas

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/afr Foto: detikINET/afr
Jakarta - Rencana Apple menjual iPhone di India kini sudah dipastikan kandas, karena pemerintah India sudah secara resmi menolak proposal Apple tersebut.

Dalam sebuah konferensi pers, Menteri Industri India Nirmala Sitharaman menyebut pemerintahnya sudah menolak proposal Apple untuk menjual iPhone daur ulang di India, demikain dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (31/5/2016).

"Kami tak ingin ada perusahaan mana pun menjual ponsel bekas di India, meskipun ponsel tersebut sudah disertifikasi," ujar Sitharaman.

Penolakan ini tentu menjadi kabar buruk bagi Apple, karena menjual iPhone bekas itu adalah cara terbaik Apple untuk meningkatkan penjualannya di negara itu. Pasalnya, mayoritas ponsel yang terjual di India harganya di bawah USD 150.

Padahal harga sebuah iPhone anyar di India saat ini berkisar di angka USD 700. Jadi dengan menjual iPhone daur ulang akan membuat Apple tetap bisa menjaga kualitas premium Apple dengan harga yang jauh lebih murah.

Untungnya pemerintah India akan memberikan kelonggaran bagi Apple jika perusahaan asal Cupertino, AS itu mau membuka tokonya di India. Tak dijelaskan lebih lanjut kelonggaran macam apa yang akan diberikan.

Namun yang jelas pemerintah India selama ini mewajibkan perusahaan untuk memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 30% apabila ingin menjual produknya di India. (asj/rou)