Samsung Tepis Kabar Cerai dari Android Wear

Samsung Tepis Kabar Cerai dari Android Wear

Yudhianto - detikInet
Rabu, 25 Mei 2016 18:14 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Minimnya perangkat Android Wear Samsung memunculkan isu bahwa perusahaan asal Korea Selatan ini sudah bercerai dengan OS wearable besutan Google tersebut. Samsung pun buru-buru menepis anggapan tersebut.

Isu ini pertama kali disebar oleh Fast Company, yang mengaku mendapat informasi dari salah satu petinggi Samsung yang tak disebutkan namanya. Menurut sumber tersebut, Samsung tidak akan lagi pernah membuat perangkat berbasis Android Wear. Berdasarkan informasi itu, Fast Company lantas menyimpulkan kalau Samsung sudah cerai dengan Android Wear.

Tak ingin memicu respons negatif, Samsung segera memberikan klarifikasi. Pembesut smartphone seri Galaxy ini menyatakan tidak setuju dengan interpretasi yang disampaikan Fast Company, dan membantah tidak pernah melontarkan pengumuman apapun soal Android Wear.

"Kami tidak setuju dengan interpretasi Fast Company. Samsung belum pernah membuat pengumuman apapun terkait Android Wear dan kami belum akan mengubah komitmen terhadap platform apapun yang kami pakai," kata Samsung menanggapi isu yang dilontarkan Fast Company.

Meski beberapa perangkat wearable-nya sudah mulai dialihkan ke Tizen, pernyataan di atas memastikan kalau Samsung belum menyerah dengan Android Wear. Namun tak sedikit analis industri yang meragukan ucapan Samsung tersebut. Pasalnya, sampai sekarang tak ada informasi sama sekali soal perangkat Android Wear baru dari Samsung.

Satu-satunya perangkat Android Wear yang pernah dirilis Samsung adalah Gear Live. Pertama kali diumumkan di acara Google I/O 2014 lalu, sampai saat ini tak ada update lanjutan dari smartwatch tersebut. Banyak yang berasumsi bahwa Gear Live sekadar eksperimen yang dilakukan Samsung dengan Android Wear.

Belakangan, Samsung malah lebih memilih OS garapannya sendiri, yakni Tizen. OS ini diklaim superior dibandingkan Android Wear dalam hal efisiensi daya, sehingga Samsung memutuskan sepenuhnya pakai Tizen di smartwatch terbarunya, Gear S2. (yud/rns)