Rabu, 20 Apr 2016 11:30 WIB

Penerus Xperia Z5: Punya Layar 1 Miliar Warna!

Yudhianto - detikInet
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Meski tak secerah produsen ponsel lain, Sony masih belum menyerah. Produsen Jepang ini menyiapkan flagship barunya yang akan dibekali layar paling cemerlang di dunia.

Mengapa cemerlang? Seperti diketahui, meski dengan berbagai teknologi yang diusungnya warna yang mampu ditampung layar ponsel saat ini belum beranjak dari 16,8 juta warna. Namun mungkin Sony bakal memecah kebuntuan ini, sebab kabarnya produsen ini tengah menyiapkan layar yang mampu menampilkan hingga 1,07 miliar warna.

Bila benar, tak bisa dibayangkan seperti apa tampilan layar garapan Sony ini nantinya. Sebab dengan warna sebanyak itu, ke depannya melihat gambar di ponsel mungkin seakan menatapnya langsung di dunia nyata.

Tak sampai di situ, layar ini juga disebut memiliki rasio kontras 2.000:1 yang dipadu dengan refresh rate 120 Hz. Selain itu tingkat maksimal kecerahannya juga bisa mencapai kisaran 1.000-1.300 nits, jauh melampaui layar Galaxy S7 yang mentok di 855 nits.

Tapi yang membuatnya menarik adalah ponsel yang akan mengusungnya. Seperti detikINET kutip dari Digital Trends, Rabu (20/4/2016), katanya layar 1 miliar warna tersebut akan dibenamkan di penerus Xperia Z5. Konon Sony akan menamai ponsel ini dengan sebutan Xperia Z Premium.

Namun tak seperti Xperia Z5 Premium yang bikin heboh dengan resolusi layar 4K, Sony disebut hanya akan menyodorkan resolusi full HD di layar 1 miliar warna kepunyaan Xperia Z5 Premium nanti. Meski demikian, layar tersebut kabarnya akan mendukung High-Dynamic-Range (HDR).

HDR menjanjikan tampilan yang makin realistis lagi. Biasanya cuma layar-layar kelas atas nan mahal yang dibekali dukungan HDR. Namun beberapa produsen elektronik China, seperti HiSense dan Vizio disebut sudah bisa membuat TV HDR dengan banderol masuk akal.

Di samping itu konten-konten video HDR juga mulai berkembang. Sampai Agustus tahun 2015 lalu, Netflix sudah menayangkan 100 jam konten film dan acara TB berbasis HDR. Sedangkan YouTube memastikan kontennya akan mendukung HDR di tahun 2016 ini, meski belum dipastikan kapan.

Kembali ke Xperia Z5, menyoal spesifikasinya bocoran bilang tak jauh berbeda dengan ponsel-ponsel kelas atas yang sudah duluan muncul. Prosesornya Snapdragon 820, RAM 3 GB, dan penggunaan port USB Type-C.

Belum ada informasi mengenai kehadirannya, namun tak menutup kemungkinan Sony akan mengumumkannya di gelaran IFA 2016 di Berlin, Jerman pada bulan September mendatang. (yud/ash)