Kamis, 14 Apr 2016 15:25 WIB

MacBook bakal Tanpa Keyboard, Diganti Trackpad Seluruhnya

Yudhianto - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah paten yang didaftarkan Apple mungkin bakal bisa mengubah masa depan MacBook, bahkan industri laptop. Perusahaan Cupertino, Amerika Serikat ini ingin menghilangkan keyboard dari MacBook.

Jadi di paten tersebut sebuah, perangkat yang diduga adalah MacBook absen kehadiran keyboard. Sebagai gantinya, di bagian yang seharusnya ditempati keyboard diambil posisinya oleh trackpad dengan ukuran lebar.

Bahkan trackpad ini juga mengambil alih tempat trackpad standar yang ada di bawah keyboard. Sehingga penampang di bagian bawah layar MacBook didominasi seluruhnya oleh trackpad. Meski begitu agar pengguna tak kebingungan Apple tetap menyematkan lampu backlit di balik trackpad tersebut yang membentuk tombol-tombol keyboard konvensional.

Selain itu demi memberikan efek mekanis layaknya keyboard konvensional, trackpad pengganti keyboard ini juga dibekali efek haptic dan fitur ala 3D Touch.
Keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggantikan keyboard dengan trackpad adalah pengguna jadi bisa menentukan sendiri parameter di permukaan trackpad. Misalnya ketika pengguna ingin melakukan editing foto, bagian trackpad yang fungsinya zero-travel bisa diperluas ukurannya.

Sedangkan bila dipakai untuk bermain game, pengguna bisa mengkonfigurasi agar tombol-tombol yang biasa dipakai main game dibuat lebih nyaman secara ukuran maupun posisinya. Begitu juga untuk penggunaan Word atau Excel, pengguna bisa mengatur tombol-tombol keyboard agar lebih besar demi kenyamanan saat mengetik.

Namun karena baru sebatas paten, belum ketahuan kapan Apple akan benar-benar mewujudkan rencana ambisius ini. Kita nantikan saja. (yud/fyk)