Selasa, 05 Apr 2016 07:00 WIB

EliteBook Folio, Jawaban HP untuk MacBook

Yudhianto - detikInet
Foto: theverge Foto: theverge
Jakarta - Tak bisa dipungkiri Apple kerap menciptakan trendsetter lewat perangkatnya, termasuk MacBook. Namun HP ingin mematahkan hal tersebut dengan laptop premium yang siap dirilisnya.

Sejauh ini HP belum mau terang-terangan membeberkan laptop yang dimaksud, tapi Ron Coughlin, Chief HP PC, sesumbar perangkat ini akan mampu mengambil alih gelar trendsetter yang sudah bertahun-tahun di pegang Macbook. "HP akan benar-benar mengambil alih gelar tersebut," kata Coughlin.

Kalau mengacu pada ajang Consumer Electronics Show 2016 lalu, sangat mungkin laptop yang dimaksud adalah EliteBook Folio. Sebab ketika itu HP menonjolkan ketipisannya yang tak sampai setengah inch. Bobotnya pun sangat ringan, setara dengan sebuah tablet.
Bila kabar ini benar, dipastikan Elitebook Folio memang akan jadi penantang terkuat MacBook. Menariknya, tak perlu menunggu waktu lama untuk membuktikan karena HP menyebut laptop penantang MacBook ini bakal dirilis dalam waktu dekat.

"Tantangan (untuk melawan MacBook) adalah dengan membuat produk yang benar-benar tipis dan ringan. Meski segmen yang diincar sebenarnya juga sangat-sangat sedikit," imbuh Stephen Baker, analis dari NPD.

Bicara spesifikasi, EliteBook juga tak kalah mumpuni. Pilihan prosesornya semua adalah varian Core M (M3, M5, dan M7) yang merupakan keluarga dari Intel Skylake. Sedangkan storage yang bisa dipilih adalah SSD mulai dari kapasitas 128 GB sampai 512 GB, yang berpadu dengan RAM sebesar 8 GB.

Layarnya berukuran 12,5 inch dengan resolusi full HD (1.920 x 1.080 pixel). HP juga mengklaim baterai EliteBook Folio sanggup bertahan sampai 10 jam.

(yud/yud)