Senin, 22 Feb 2016 18:35 WIB

MWC 2016

Z6 Tak Muncul, Sony Sodorkan Xperia X dan XA

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Sony
Jakarta - Terlepas dari hingar bingar LG G5 dan Samsung Galaxy S7, kejutan tak kalah menarik datang dari Sony. Raksasa Jepang itu nyatanya turut memeriahkan Mobile World Congress (MWC) 2016 dengan merilis dua ponsel terbarunya: Xperia X dan XA.

Meski dirilis untuk menghantam segmen kelas menengah, Xperia X dan XA justru tampil elegan dengan desain bak ponsel Sony kelas atas. Bisa dilihat pada gambar di atas, dimana desain yang diusung mirip dengan desain seri Z yang mengisi ponsel flagship.

Sebelumnya, akun Twitter @evleaks sempat membocorkansebuah foto penampakan Xperia X dan XA. Hanya saja, kala itu @evleaks cuma menyebut ponsel tersebut dengan kode PP10. Dengan desain mirip kelas Xperia Z -- premium metal finish -- tak sedikit yang beranggapan bahwa Sony memboyong Xperia Z6 yang selama ini dirumorkan.

Namun, kini teka-teki itu terjawab sudah. Seperti dikutip detikINET dari Cnet, Senin (22/2/2016), kedua varian Xperia terbaru ini memiliki dapur pacu yang berbeda. Xperia X misalnya, dipersenjatai prosesor hexa core Snapdragon 650, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB.



Sementara untuk Xperia XA mengusung prosesor quad core MT6755, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB. Keduanya dibekali slot microSD.

Begitu pula dengan kameranya, dimana Xperia X dilengkapi dengan kamera utama 23 MP dengan predictive auto focus untuk hasil gambar yang diklaim lebih jernih dan anti blur. Sedangkan XA hanya dilengkapi kamera utama 13 MP dengan hybrid auto focus object.

Keduanya sama-sama memiliki bentang layar 5 inch, namun untuk resolusi Xperia X memiliki resolusi 1080p, sementara Xperia XA hanya 720p. Walau memiliki baterai dengan kasitas yang kecil, yakni 2.620 mAh (X) dan 2.300 mAh (XA), Sony mengklaim bahwa perangkatnya bisa bertahan hingga dua hari.

Sayang tidak ada informasi mengenai harga, termasuk kapan rencana Sony mulai membawa duo tersebut ke sejumlah pasar ponsel dunia. (mag/ash)