MWC 2016: Ketika Katalunya Bukan Cuma Milik Messi cs

ADVERTISEMENT

Laporan dari Barcelona

MWC 2016: Ketika Katalunya Bukan Cuma Milik Messi cs

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Minggu, 21 Feb 2016 17:18 WIB
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Barcelona - Hola! Akhirnya tim detikINET tiba juga di Barcelona. Bukan, kami datang ke kota Katalunya ini bukan untuk menonton aksi Lionel Messi dkk, tapi untuk meliput pesta akbar pagelaran telekomunikasi terbesar sejagad saat ini.

Meskipun acara utamanya baru digelar pada 22 Februari 2016, namun aura Mobile World Congress sudah terasa sejak rombongan kami tiba di bandara El Prat Barcelona, dua hari yang lalu.

Ketika pengunjung keluar dari tempat pengambilan bagasi, mereka akan disambut sebuah perangkat dengan tampilan seorang perempuan dalam bentuk hologram yang memang sengaja ditempatkan untuk menyambut pengunjung.



"Selamat datang di bandara El Prat, Barcelona. Kami senang bisa menyambut Anda semua untuk menghadiri ajang Mobile World Conggres 2016," begitu katanya. Tentu saja, perangkat hologram ini pun segera jadi obyek untuk berfoto-foto.

Entah kebetulan atau tidak, dalam sepekan terakhir ini FC Barcelona sedang tidak bertanding di kandangnya. Saat detikINET menyempatkan diri mengunjungi Camp Nou, Sabtu kemarin, Messi cs sedang bertandang ke Las Palmas.



Bahkan, dalam beberapa hari ke depan saat MWC 2016 resmi digelar, el Barca juga akan menjalani laga away ke London untuk meladeni tuan rumah Arsenal di Emirates Stadium. Jadi praktis, orang-orang yang datang ke Katalan, tujuan utamanya memang bukan untuk mencari Messi cs.

Begitu mendarat di bandara El Prat, kita bisa dengan mudah menemui para panitia penyelenggara MWC 2016. Mereka berdiri dengan seragam rompi tebal warna merah di mana-mana. Sejumlah booth kecil dari beberapa perwakilan peserta juga ada di pintu keluar bandara.

Para panitia itu mengantarkan tamu untuk mendaftar. Sebuah lokasi disiapkan khusus berupa loket pendaftaran juga telah disiapkan. Mereka yang telah mendaftar melalui online dan telah disetujui, bisa langsung menunjukkan konfirmasi dengan kelengkapan QR Code untuk mendapatkan badge.

Tak perlu lama, kira-kira lima menit, pendaftar selesai mengurus badge yang bias diakses ke mana-mana selama ajang pameran digelar di Fira Gran Via. Untuk pengunjung dari luar negeri wajib menunjukkan paspor.

Sementara yang masuk Spanyol musti menggunakan visa, maka nomor visa pun ikut tercantum. Semuanya serba digital sejak pendaftaran. Panitia pendaftaran pun bekerja lebih mudah dan cepat, karena memanfaatkan QR Code.



MWC adalah acara akbar tahunan. Bagi Barcelona ini merupakan sebuah flagship event kota itu. Banyak warga yang sudah kenal dengan MWC yang selalu diselenggarakan pada Februari. Jumlah jam penerbangan meningkat. Tingkat hunian hotel penuh, bahkan banyak pula apartemen yang kemudian disewakan.

Orang-orang menyambut, meski sekadar mengatakan selamat menikmati MWC. Seperti para pelayan di restoran khas Catalunia, Raco de La Villa. Mereka tanggap akan tamunya yang berasal dari negara lain. Jika Anda bertanya ke sopir taxi, niscaya sebagian besar tahu benar tujuan Anda.



MWC yang sangat beraura teknologi digital dan mobile ini didukung pula dengan informasi komplet yang bisa diperoleh lewat aplikasi mobile yang bisa diunduh gratis di iOS dan Android. Aplikasi bernama My MWC bahkan telah diisi dengan daftar exhibitor lengkap dengan lokasinya di venue.

Beberapa vendor teknologi kelas dunia pun sudah siap beraksi merilis flagship yang akan jadi jagoan mereka dalam pertarungan bisnis di 2016 ini. Mulai dari Samsung, Huawei, Sony, Xiaomi, LG, Lenovo, BlackBerry, Meizu, Wiko dan lainnya.

Dalam sesi keynote speaker juga ada sejumlah nama-nama beken seperti CEO Facebook Mark Zuckerberg, President & CEO Ericsson Hans Vestberg, Pebalap F1 dari Mercedes AMG Petronas Lewis Hamilton, CEO Intel Corporation Brian Krzanich, dan masih banyak lagi.

So, ikuti terus laporan tim detikINET dari Barcelona. Hola! (rou/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT