BERITA TERBARU
Jumat, 05 Feb 2016 11:11 WIB

Aturan Sensor Netflix Keluar Maret

Dina Rayanti - detikInet
Menkominfo Rudiantara (Foto: Lamhot Aritonang) Menkominfo Rudiantara (Foto: Lamhot Aritonang)
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix
Jakarta - Netflix masih menyisakan polemik di Indonesia. Ada dua hal yang paling disorot, soal status hukum Netflix dan aturan sensor yang belum juga dijalankannya.

Menkominfo Rudiantara pun sudah beberapa kali menyuarakan bahwa Netflix didorong untuk menjadi Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia. Jadi, Netflix harus buka kantor di Indonesia dan bermitra dengan perusahaan lokal.

"Mereka bisa bekerja sama dengan operator itu masalah pilihan, yang penting mereka ada di sini (berkantor-red.), karena bayarnya pakai rupiah," ujar Rudiantara saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Kamis (4/2/2016).

"Ini bayarnya pakai apa? Jadi mereka mempunyai hak sebagai perusahaan di Indonesia tapi juga memiliki kewajiban agar terjadi kesetaraan dengan yang lain, karena di indonesia kan ada Netflix versi indonesia," lanjutnya.

Sementara terkait isu kedua, yakni sensor, menkominfo sudah berbicara dengan Mendikbud Anies Baswedan untuk dicarikan solusinya. Jadi nantinya film-film dari Netflix yang diputar di Indonesia tetap harus melewati sensor.

"Pak Anies bilang akan bantu, karena secara teknis tidak bisa sensor keluar di belakang. Policy-nya nanti akan keluar di tempatnya Pak Anies, Maret ini akan keluar kebijakan itu," ungkap Rudiantara.

Modelnya kemungkinan bisa dipakai seperti di industri penyiaran. Dimana digunakan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) untuk memfilter konten di televisi.

"Ini juga mungkin barangkali ya (bakal menjadi) 'Pedoman Pendistribusian Film di Dunia Maya Menggunakan Jaringan Internet', mungkin seperti itu. Tunggu sebentar lagi kan bulan Maret akan keluar kebijakannya," Rudiantara menandaskan. (ash/ash)
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.