Jumat, 05 Feb 2016 11:11 WIB

Aturan Sensor Netflix Keluar Maret

Dina Rayanti - detikInet
Menkominfo Rudiantara (Foto: Lamhot Aritonang) Menkominfo Rudiantara (Foto: Lamhot Aritonang)
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix
Jakarta - Netflix masih menyisakan polemik di Indonesia. Ada dua hal yang paling disorot, soal status hukum Netflix dan aturan sensor yang belum juga dijalankannya.

Menkominfo Rudiantara pun sudah beberapa kali menyuarakan bahwa Netflix didorong untuk menjadi Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia. Jadi, Netflix harus buka kantor di Indonesia dan bermitra dengan perusahaan lokal.

"Mereka bisa bekerja sama dengan operator itu masalah pilihan, yang penting mereka ada di sini (berkantor-red.), karena bayarnya pakai rupiah," ujar Rudiantara saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Kamis (4/2/2016).

"Ini bayarnya pakai apa? Jadi mereka mempunyai hak sebagai perusahaan di Indonesia tapi juga memiliki kewajiban agar terjadi kesetaraan dengan yang lain, karena di indonesia kan ada Netflix versi indonesia," lanjutnya.

Sementara terkait isu kedua, yakni sensor, menkominfo sudah berbicara dengan Mendikbud Anies Baswedan untuk dicarikan solusinya. Jadi nantinya film-film dari Netflix yang diputar di Indonesia tetap harus melewati sensor.

"Pak Anies bilang akan bantu, karena secara teknis tidak bisa sensor keluar di belakang. Policy-nya nanti akan keluar di tempatnya Pak Anies, Maret ini akan keluar kebijakan itu," ungkap Rudiantara.

Modelnya kemungkinan bisa dipakai seperti di industri penyiaran. Dimana digunakan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) untuk memfilter konten di televisi.

"Ini juga mungkin barangkali ya (bakal menjadi) 'Pedoman Pendistribusian Film di Dunia Maya Menggunakan Jaringan Internet', mungkin seperti itu. Tunggu sebentar lagi kan bulan Maret akan keluar kebijakannya," Rudiantara menandaskan. (ash/ash)
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed