Selasa, 19 Jan 2016 18:27 WIB

Smartphone Sebentar Lagi Bisa Jadi Barang Kuno

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Getty Images/Andrew Redington Foto: Getty Images/Andrew Redington
Jakarta - Smartphone diprediksi bisa segera jadi barang kuno dalam lima tahun mendatang. Hal ini dikarenakan ada beberapa teknologi baru yang bisa menggantikan fungsinya dengan alat yang lebih canggih dan mutakhir.

Prediksi Top 10 Hottest Mobile Consumer 2016 ini dikeluarkan Ericsson Consumer Lab. Dari situ disimpulkan, banyak konsumen yang tertarik pada jenis interaksi baru teknologi baru seperti Artificial Intelligence (AI) dan Virtual Reality (VR).

"Tren ini yang nantinya akan menggeser fungsi perangkat smartphone, dan tentunya AI akan semakin berkembang di masa depan," kata Vice President Marketing & Communication Ericsson Indonesia Hardyana Syintawati di Marche, Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Ia menjelaskan, AI atau kecerdasan buatan ini mampu berinteraksi dengan obyek tanpa membutuhkan layar smartphone sebagai perantaranya. Dipaparkan olehnya, pemanfaatan AI itu nantinya cukup beragam, misalnya sebuah rumah terintegrasi dengan AI.

Pintu akan terbuka otomatis ketika pemilik rumah hendak masuk. Lampu akan menyala sendiri ketika cahaya matahari sudah redup. Vacuum cleaner akan menyedot debu tanpa disentuh. Hingga lemari es akan memberitahukan ketika telur sudah habis atau sayur mulai busuk.

"Ini merupakan hasil wawancara 40 ribu responden pengguna mobile di 24 negara di dunia. Setengah dari pengguna yang diriset memprediksi smartphone bakal jadi sesuatu yang kuno dalam lima tahun mendatang," pungkas Nana, panggilan akrab Syintawati. (rou/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed