Action Cam Jadi Buruan Panas Saat Harbolnas

ADVERTISEMENT

Action Cam Jadi Buruan Panas Saat Harbolnas

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Kamis, 12 Nov 2015 19:23 WIB
Action cam (gopro)
Jakarta - Kamera aksi alias action cam makin sering diburu para pecinta foto. Bentuknya yang unik dan simpel jelas lebih praktis untuk dipakai memotret ketimbang menggunakan smartphone yang semakin lama semakin besar layarnya.

Namun kebanyakan orang masih menganggap action cam hanya sebagai kamera sekunder yang hanya dibawa saat liburan. Hal ini tidak jarang membuat banyak orang ragu untuk membelinya.

Jika tertarik untuk memiliki action cam, Hari Belanja Online Nasional bisa menjadi momen yang pas. Harbolnas yang rutin diselenggarakan setiap tanggal 12 Desember selalu dijadikan ajang promo gila-gilaan oleh para eCommerce di Indonesia.

Berbagai action cam pun ikut mendapat potongan harga cukup besar yang membuat banyak orang segera tertarik untuk membelinya. Sebelum Anda ikut berbelanja action cam saat Harbolnas 12 Desember nanti, coba cek dahulu beberapa hal berikut agar tidak salah pilih.

Sebelum GoPro hadir, perusahaan besar seperti Sony dan JVC sebetulnya sudah meluncurkan action cam terlebih dahulu. Namun bentuknya yang ‘kamera banget’ membuat action cam buatan mereka lebih banyak digunakan oleh para olahragawan profesional.

GoPro adalah pelopor action cam ringkas dan tangguh. Bentuknya yang cuma kotak doang justru membuat GoPro mudah dibawa dan dipasang di badan atau kendaraan. Dengan seketika GoPro menjadi action cam favorit karena membuat semua orang bisa beraksi layaknya olahragawan professional.

Tidak heran jika kesuksesan GoPro ‘menginpirasi’ perusahaan lain untuk membuat produk serupa. Di Indonesia sendiri sudah banyak beredar action cam dengan bentuk mirip GoPro namun diproduksi oleh Xiaomi, Kogan, Brica, dan SJCAM.

Meski desainnya mirip, namun masing-masing action cam punya dimensi dan bobot yang berbeda-beda. Jadi jangan harap aksesoris GoPro bisa digunakan di Xiaomi Yi (atau sebaliknya).

Ketersediaan aksesoris sebaiknya dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli action cam. Beberapa action cam memang ditawarkan lebih mahal, namun jika diperhatikan ternyata paket penjualannya sudah dilengkapi dengan berbagai aksesoris.

Meski aksesoris GoPro relatif lebih bervariasi dan mudah dicari, namun action cam lain seperti Xiaomi Yi dan Brica B-PRO5 memiliki pilihan paket penjualan yang sudah cukup lengkap. Casing kamera anti air dan monopod (tongsis) rasanya sudah cukup lengkap untuk seorang pengguna action cam pemula.

Sejauh ini GoPro masih dianggap sebagai action cam terbaik dalam hal kualitas memotret dan merekam video, namun harganya termasuk mahal. Jika menggunakan harga action camera di MatahariMall.com sebagai perbandingan, harga GoPro lebih mahal 5-6 kali lipat dari harga action cam lain. Tentu hal ini harus dijadikan bahan pertimbangan terutama bagi yang memiliki budget pas-pasan.

Perlu dicatat bahwa meski sejauh ini GoPro masih jadi action cam terbaik, bukan berarti hasil jepretan foto atau rekam video dari action cam lain terlihat jelek. Sebab hasil foto/video dari Xiaomi Yi misalnya, ternyata tidak mengecewakan.

Apalagi jika hanya digunakan untuk kegiatan santai dan seru-seruan seperti jalan-jalan di pantai. Ada baiknya cek dulu review dari action cam incaran Anda agar semakin mudah menentukan pilihan. Setelah yakin action cam mana yang ingin Anda miliki, selanjutnya tinggal tunggu promo menarik dari berbagai toko.

Siapa tahu saat Harbolnas MatahariMall.com justru menawarkan GoPro dengan harga lebih murah dari Xiaomi Yi dan action cam lain, kan? Selamat berburu action cam!

(rou/rou)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT