Selasa, 10 Nov 2015 15:07 WIB

Ponsel 4G Perdana Evercoss Rakitan Semarang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jakarta - Evercoss telah merilis ponsel 4G pertamanya di Indonesia, yaitu Winner T3 dan Elevate Y3t. Namun pabrikan ponsel lokal tersebut masih enggan mengungkap besaran pasti tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang ada di dua ponsel tersebut.

Ricky Tanudibrata, Chief Marketing Officer Evercoss hanya menyebut kisaran TKDN di ponsel terbarunya sekitar 15-20%.

Namun yang jelas kedua ponsel tersebut merupakan hasil assembly di pabrik Evercoss yang terletak di Semarang, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia telah menetapkan besaran angka TKDN yang harus dipenuhi oleh ponsel 4G yang dijual di Indonesia.

Aturan yang diteken oleh tiga kementerian tersebut menyebutkan bahwa per 1 Januari 2017 mendatang, setiap ponsel 4G yang dipasarkan di Indonesia harus memenuhi angka TKDN 30%.

Namun saat ini pemerintah masih dalam tahap menentukan penjabaran dari tingkat kandungan dalam negeri itu. Maksudnya adalah berapa persentase hardware dan software yang akan dihitung.

Menkominfo Rudiantara sendiri pernah menyebut kalau pihaknya menginginkan besar persentase tersebut mengikuti strategi perindustrian. "Kalau saya sih ikuti strategi perindustrian saja. Industri Indonesia mau dibawa ke mana," ujarnya saat itu.

Lebih lanjut, Menkominfo mengatakan dirinya kurang sepaham bila perhitungannya 100% hardware. Menurutnya, hal tersebut bakal terus mendapat tentangan dari vendor global.

(asj/ash)