Ponsel 'Jangkrik' Google Molor Sampai 2016

Ponsel 'Jangkrik' Google Molor Sampai 2016

Yudhianto - detikInet
Selasa, 18 Agu 2015 16:26 WIB
project ara (google)
Jakarta -

Google tengah mengembangkan ponsel ‘jangkrik’, yakni ponsel yang komponennya bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan layaknya PC rakitan. Google sempat bilang ponsel yang punya sandi nama Project Ara ini akan dirilis tahun 2015 ini, namun hal tersebut dipastikan tertunda.

Penundaannya pun cukup lama, kicauan yang dilontarkan tim Project Ara di akun Twitter resminya mengatakan bahwa Project Ara baru akan hadir pada tahun 2016. Itu juga tanpa kepastian waktu, apakah di awal, pertengahan, atau akhir tahun 2016. Namun spekulasinya menyebut Project Ara mungkin baru akan hadir di gelaran Google I/O tahun 2016.

Tim Project Ara beralasan tertundanya rencana peluncuran project Ara adalah karena masih dibutuhkan pengembangan lagi. “Kenapa? Banyak yang harus diulang… lebih dari yang kita duga. #ProjectAra,” kicau @ProjectAra.

Lebih lanjut tim Project Ara juga mengicaukan pertimbangan untuk menggeser lokasi peluncuran Project Ara ke kota di Amerika Serikat. Padahal sebelumnya Google sempat bilang peluncuran Project Ara akan dilakukan di Puerto Rico.

Project Ara memang bikin penasaran, ponsel ini adalah proyek ambisius Google yang ingin membuat ponsel dengan desain modular. Artinya, tiap-tiap komponen di ponsel ini bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan pengguna, seperti prosesor, kamera, memori internal, baterai, dan yang lainnya.

Google sempat memamerkan project Ara pada event Google I/O 2015 lalu. Ketika itu salah satu insinyur Project Ara mengambil gambar pengunjung yang hadir menggunakan kamera Project Ara yang bisa dilepas pasang. Berdasarkan itu banyak yang bilang peluncuran project Ara akan benar-benar dilakukan pada sekitar akhir tahun 2015 ini di Puerto Rico, meski akhirnya meleset.

(yud/ash)