Jumat, 20 Mar 2015 10:17 WIB

Rahasia Lapisan Emas di Walkman Mahal Sony

- detikInet
Sony Walkman NW ZX2 (adi/detikINET) Sony Walkman NW ZX2 (adi/detikINET)
Jakarta - Saat Sony memperkenalkan Walkman NW-ZX2 di CES 2015 banyak yang tak menyangka perangkat audio ini dibanderol tinggi, nyaris menembus Rp 15 Juta. Komponen untuk merakit ZX2 menjadi faktor penyebabnya, salah satunya lapisan emas.

Di dalam bodi ZX2 terdapat lempeng tembaga yang dilapisi emas. Penggunaan lapisan emas tersebut bukan untuk gaya-gayaan. Melainkan untuk mendongkrak performa audio yang dihasilkan.

Saat ditemui detikINET di kantor Sony Indonesia, Kamis (19/3/2015), Dimas Pramudya Putra, Product Marketing Personal Audio menjelaskan lapisan emas yang digunakan memberikan kestabilan dalam menghantar listrik yang rendah. Sehingga meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan.

"Suara jadi lebih jelas, performa bass pun jadi lebih powerful," katanya.

Dimas mengklaim, Sony tidak asal menggunakan komponen dalam merakit ZX2. Bahkan penggunaan solder pun tak sembarang. "Sony menggunakan solder bebas timah dengan kemurnian tinggi," ujarnya.



Lebih lanjut Dimas menjelaskan di dalam Walkman ini terdapat lapisan film tembaga tipis PCBs dan kabel OFC. Gunanya untuk menghasilkan resolusi suara yang lebih tinggi.



Jadi wajar kiranya, menurut Dimas, bila Sony membandrol ZX2 dengan harga Rp 14.990.000. Sebab semua komponen yang digunakan memang pilihan. Imbasnya tentu pada kualitas yang dihasilkan.

"Saat menggunakannya, Anda kan mendapatkan pengalaman mendengarkan audio seperti aslinya," pungkas Dimas.

(ash/ash)

-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed