Jumat, 20 Mar 2015 08:19 WIB

Mengungkap Teknologi di Balik Walkman Rp 15 Juta Sony

- detikInet
Walkman (adi/detikINET) Walkman (adi/detikINET)
Jakarta - Tak lama lagi Sony akan melepas Walkman premium terbarunya ke Tanah Air. Produk bernama Walkman NW-ZX2 tersebut ditujukan untuk kalangan pecinta audiophile. Menariknya, meski memiliki bentuk portable, namun perangkat audio ini mampu menyajikan kualitas suara memukau.

Kemampuan tersebut diperoleh dari teknologi High-resolution Ready S-Master HX. Dimas Pramudya Putra, Product Marketing Personal Audio Sony Indonesia memaparkan teknologi tersebut dikembangan secara khusus untuk memutar Hi-Res Audio.

"Mampu mengurangi distorsi dan noise saat mereproduksi wide frequency response untuk menghasilkan pengalaman akustik yang lebih jernih," jelas Dimas.

Tak hanya itu, vendor asal Jepang ini turut membekali ZX2 dengan teknologi DSEE HX yang dapat meningkatkan tingkat file musik MP3 serta format terkompresi lainnya. "Meski memutar lagu berformat MP3, kualitas suara yang kita dengar jadi lebih baik," kata Dimas.

Namun Dimas menyarankan, sebaiknya menggunakan musik berformat Free Lossless Audio Codec (FLAC) agar terdengar lebih maksimal. "Saat ini ada Flac 16 bit dan 24 bit. Semakin tinggi jauh lebih baik kualitasnya," terang pria lulusan Manajemen Universitas Padjadjaran ini.

Selain faktor teknologi, komponen yang digunakan vendor asal Jepang ini turut andil dalam menyajikan kualitas audio yang prima. Pengadopsian lempeng tembaga berlapis emas mampu memberikan menghasilkan suara bass yang lebih jelas dan bertenaga. Sony pun membenamkan kapasitor dua lapis OS-CONS yang mana memberikan akurasi signal output frekuensi audio dari menengah ke tinggi.

Tak sampai di situ, ada juga komponen lain yang turut berkontribusi, yakni lapisan film tembaga tipis PCBs, kabel Oxygen Free Cooper (OFC), dan solder bebas timah. "Kombinasi ketiganya menghasilkan resolusi suara yang lebih tinggi dengan mengurangi penghalang," ungkap Dimas.

Rencananya, Sony akan melepas Walkman NW-ZX2 bulan depan. Perangkat ini mendukung aneka macam format audio. Ada pula koneksi NFC serta Low Latency Codec (LDAC) yang membuat pengguna dapat menikmati kualitas audio nirkabel berkualtas tinggi.

Media penyimpanan yang disediakan berkapasitas 128 GB serta tersedia slot kartu memori micro-SD. ZX2 menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean dengan tampilan antarmuka yang mirip dengan antarmuka smartphone Sony Xperia. Sony membanderol Walkman NW-ZX2 seharga Rp 14.999.000. (yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed