Rabu, 07 Jan 2015 15:14 WIB

CES 2015

Intel Beberkan Jajaran Prosesor Jagoan

Yudhianto - detikInet
ilustrasi (istimewa/hacked) ilustrasi (istimewa/hacked)
Jakarta - Gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2015 jadi ajang kelahiran prosesor terbaru Intel. Tak tanggung-tanggung, raksasa chip ini bahkan langsung membeberkan seluruh jajaran prososer anyarnya yang jumlahnya mencapai belasan.

Tercatat ada 14 seri baru prosesor Core dan 3 seri baru prosesor Pentium dan Celeron yang diperkenalkan Intel. Seluruhnya pun dipastikan masuk dalam keluarga Broadwell yang telah mengusung proses pabrikasi 14 nm.

Selain punya die size yang menyusut jadi 37% lebih kecil, prosesor Intel berbasis Broadwell kini juga bisa menampung jumlah transistor 35% lebih banyak. Intel mengklaim sebuah prosesor kini bisa ditempati hingga 1,9 juta transistor.

Tentunya sisi performa juga meningkat, terutama di sisi pengolahan grafis yang kinerjanya diklaim meningkat jadi 24% lebih baik. Konversi video menggunakan prosesor Broadwell pun diyakini 50% lebih cepat.

Adapun chip grafis terbaru yang diusung Intel bersamaan dengan Prosesor Broadwell adalah Intel HD Graphics 5500, HD Graphics 6000, dan Intel Iris Graphics 6100. Selain sudah bisa memutar video 4K, chip grafis tersebut juga telah mendukung fitur Wireless Display (WiDi) v5.1 yang memungkinkan pengguna menampilkan gambar ke layar secara nirkabel.

Bersamaan dengan prosesor Broadwell, seperti detikINET kutip dari Forbes, Rabu (7/1/2014), Intel juga meluncurkan prosesor tablet terbarunya dengan sandi Cherry Trail. Prosesor yang juga mengusung pabrikasi 14 nm ini akan masuk dalam keluarga prosesor Intel Atom.

Intel mengatakan seluruh prosesornya itu sudah akan tersedia di pasaran mulai awal tahun 2015 ini. Namun untuk yang versi menggunakan chip grafis Iris Pro baru akan hadir pada pertengahan kedua tahun 2015.

Sejumlah produsen notebook juga sudah memamerkan produknya yang telah menggunakan prosesor berbasis Intel Broadwell. Antara lain adalah, Asus Transformer Book Chi, Samsung Ativ Book 9, Lenovo LaVie Z, dan Dell XPS 13.

(yud/fyk)
ilustrasi (istimewa/hacked)
intel broadwell (intel)
intel broadwell (intel)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed