Siapa Saja Penguasa Pasar Tablet PC?

Siapa Saja Penguasa Pasar Tablet PC?

- detikInet
Senin, 28 Jul 2014 16:20 WIB
Ilustrasi (gettyimages)
Jakarta -

Pasar tablet PC masih dikuasai Apple yang diikuti Samsung. Tapi belakangan, pesaing menghadirkan perlawanan ketat sehingga kedua vendor itu diharapkan waspada atau berpotensi semakin terkikis pangsa pasarnya.

Dalam laporan Quarterly Tablet Tracker yang disusun biro riset IDC, iPad masih menjadi tablet paling banyak terjual dengan pangsa pasar 26,9% di kuartal II 2014. Jumlah itu menurun dari periode yang sama tahun 2013, di mana iPad masih menggenggam market share 33%.

Penurunan pangsa pasar iPad juga dialami Samsung yang mengandalkan seri Galaxy Tab. Samsung saat ini menguasai 17,2% pasar tablet global, menurun dari raihan 18,8%.

"Apple dan dalam skala yang lebih kecil, Samsung, telah berada di posisi top dan masih minimal terkena dampak dari kemajuan para kompetitor. Tapi sekarang kita melihat pertumbuhan dari para vendor yang lebih kecil, di mana pasar telah mencapai tahapan baru," kata Jitesh Ubrani dari IDC.

Ya, pesaing Samsung dan Apple makin kuat sehingga perlu diwaspadai. Salah satunya Lenovo yang kini punya pangsa pasar 4,9%, nomor tiga di belakang Apple dan Samsung. Lenovo mencatatkan pengapalan tablet 2,4 juta unit di kuartal II 2014, lonjakan 64,7% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Berada di posisi 4 adalah Asus dengan pangsa pasar 4,5%. Diikuti kemudian oleh Acer yang menurut IDC memiliki 2% market share di pasar tablet PC global.

(fyk/fyk)