Kamis, 10 Jul 2014 11:46 WIB

Google Tarik Handset Google Play Edition

- detikInet
Sony Xperia Z Ultra (gettyimages) Sony Xperia Z Ultra (gettyimages)
Jakarta - Selain lini perangkat Nexus, Google Play Store juga menjual beberapa handset lain. Handset tersebut mengusung nama Google Play Edition (GPE), karena mereka menjalankan OS stok Android layaknya Nexus.

Perangkat-perangkat GPE itu antara lain HTC One (M8), Moto G, Samsung Galaxy S4, HTC One (M7), Sony Xperia Z Ultra, dan LG G Pad 8,3.

Namun baru-baru ini, tiga dari enam perangkat tersebut 'menghilang' dari Google Play Store. Mereka adalah HTC One (M7), Sony Z Ultra, dan LG G Pad. Stok ketiganya di Google Play Store memang sudah habis dan tak pernah diperbarui sejak bulan Juni 2014.

Hilangnya tiga perangkat tersebut dari Google Play Store mungkin bisa dijadikan patokan untuk melihat perangkat mana yang kurang diminati oleh konsumen.

Jika HTC One (M7) tak lagi dijual di Google Play Store, itu sepertinya wajar karena sudah cukup 'berumur', malahan penerusnya pun sudah tersedia versi GPE-nya di Google Play Store.

Seperti dilansir Phonearena, Kamis (10/7/2014), mungkin tak lama lagi Samsung Galaxy S4 GPE juga akan ditarik dan digantikan posisinya oleh Galaxy S5 GPE.

Namun bagaimana dengan Sony Xperia Z Ultra dan LG G Pad 8,3, umur keduanya di pasaran belum terlalu lama. Sepertinya peminat kedua perangkat tersebut tidak terlalu tinggi, sehingga Google pun berhenti menjualnya.

(ash/ash)