Android Nokia Menanti Restu Kominfo

Android Nokia Menanti Restu Kominfo

- detikInet
Kamis, 27 Feb 2014 13:17 WIB
Tiga Seri Nokia X (rou/detikINET)
Jakarta - Setelah diluncurkan Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Nokia X kini tinggal menunggu restu untuk masuk ke Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kini tengah menguji ponsel Android besutan Nokia tersebut sebelum memberikan sertifikasi.

Hal ini diketahui saat dicek ke situs Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo.

Pada situs tersebut, Nokia dan Trikomsel sama-sama mengajukan sertifikasi produk untuk terhadap ponsel Nokia dengan kode RM-980/RM-980 yang berasal dari manufaktur asal China.

RM-980 sendiri merupakan kode produk untuk Nokia X, yang dulu sempat disebut sebagai proyek Normandy.

Tidak diketahui, kapan tanggal pasti peluncuran ponsel Android Nokia ini di Indonesia. Yang pasti, pada pagelaran MWC 2014, ada tiga seri Android yang dipamerkan vendor yang kini tengah jadi milik Microsoft tersebut. Yakni Nokia X, X+, dan XL.

Nokia X sebagai varian termurah dibanderol pada kisaran 89 euro atau sekitar Rp 1,4 jutaan. Ponsel berbasis Android ini memiliki bentang layar 4 inch dengan resolusi 800x480 pixel.

Di sektor jeroannya, Nokia X mengandalkan prosesor dual core Snapdragon dengan kecepatan clock 1 GHz dan RAM sebesar 512 MB.

Memori internal hanya 4 GB, namun pengguna dapat meningkatkanya lewat slot micro SD hingga kapasitas 32 GB. Sedangkan kameranya memiliki kemampuan 3 MP, menyusul penggunaan baterai berkekuatan 1500 mAh.

Beralih ke Nokia X+, varian yang dibanderol sebesar 99 euro atau sekitar Rp 1,6 juta ini secara keseluruhan memiliki spesifikasi yang sama persis.

Perbedaan hanya terletak pada besaran RAM yang sedikit lebih besar dengan 768 MB dan micro SD berkapasitas 4 GB yang disertakan dalam paket penjualannya.

Sedangkan untuk varian tertinggi yakni Nokia XL, ditawarkan dengan harga 109 euro atau sekitar Rp 1,7 jutaan. Perbedaannya dengan varian di bawahnya terletak pada ukuran layarnya yang 5 inch namun tetap dengan resolusi sama.



(ash/fyk)