Selasa, 18 Feb 2014 11:21 WIB

Google 'Paksa' Vendor Ponsel Pakai Android KitKat

- detikInet
Lambang android KitKat (ist) Lambang android KitKat (ist)
Jakarta - Google ingin Android KitKat banyak dipakai oleh produsen ponsel, salah satunya adalah dengan mengeluarkan aturan soal perizinan menggunakan Android.

Ya, meski sudah ada KitKat, tapi masih ada sekitar 20% ponsel Android yang masih menggunakan OS jadul Gingerbread. Bahkan versi sebelumnya yakni Froyo juga masih ditemukan pada jajaran produk terkini.

Nah, agar produsen mau menggunakan Android terbaru, mau tidak mau Google harus mengeluarkan aturan ketat. Salah satunya dengan membatasi penggunaan Android.

Dalam bocoran memo yang diedarkan kepada produsen ponsel, Google menghimbau agar para produsen menggunakan Android terbaru, atau paling tidak 9 bulan setelah versi Android terbaru dirilis.

Selain itu Google juga akan menutup akses ke Play Store untuk perangkat yang tidak sesuai dengan aturan tersebut. Ini artinya, pemakai Android jadul hanya bisa menggunakan toko aplikasi tidak resmi di luar milik Google.

Seperti dikutip detikINET dari Mobile Bloom, Selasa (18/2/2014), aturan tersebut mulai berlaku sejak Februari 2014. Dan ketentuan ini diharapkan bisa mendongkrak pemakai Androd Jelly Bean, atau bahkan KitKat yang sudah bisa disematkan pada ponsel low-end.




(eno/fyk)
Lambang android KitKat (ist)
Lambang android KitKat (ist)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed