Selasa, 13 Nov 2012 10:09 WIB

Tablet Rp 250 Ribuan Bidik Jutaan Anak Sekolah

- detikInet
(youthsclub)
India - Perkembangan teknologi saat ini dipandang positif guna kemajuan pendidikan seperti dimulainya penggunaan netbook di sekolah sejak beberapa tahun silam. Sayangnya, harga netbook masih dirasa mahal sehingga tidak semua anak sekolah merasakan perangkat tersebut.

Namun perkembangan teknologi saat ini telah mampu menciptakan perangkat berharga terjangkau seperti tablet PC, sehingga semua kalangan dapat merasakannya. Tidak terkecuali anak sekolah yang juga membutuhkannya untuk meningkatkan kualitas proses belajar.

Guna menjawab tantangan tersebut, sebuah tablet yang dilabeli Aakash 2 oleh produsennya, Datawind, memberikan harga yang luar biasa murah yakni hanya USD 25 atau sekitar Rp 250 ribuan. Bahkan tablet ini dipastikan memiliki spesifikasi yang terbilang lumayan karena telah dibekali OS Android ICS.

Tablet tersebut memang dikhususkan untuk menyasar kalangan anak sekolah, apalagi bila dilihat dari harganya yang sangat terjangkau.

Sayangnya, saat ini hanya anak sekolah di India saja yang baru akan merasakan hal tersebut. Dan harga tersebut juga bisa dicapai melalui subsidi yang diberikan pemerintah di Negeri Bollywood, sehingga anak-anak sekolah di India dapat terpacu belajarnya.

Meski demikian, harga asli tablet Aakash 2 juga tidak begitu mahal yakni di kisaran USD 64 atau sekitar Rp 600 ribuan. Pemerintah India melalui Kementrian Pengembangan Sumber Daya memberikan subsidi senilai USD 43 untuk tablet tersebut agar dapat dijual murah.

Aakash 2 atau yang di pasar global lebih dikenal dengan nama UbiSlate 7Ci, ditenagai prosesor Cortex A8 berkecepatan 1 GHz, 512MB RAM, internal memory 4 GB, layar 7 inch kapasitif dengan resolusi 800x480, slot micro SD berkapasitas maksimal 32 GB, sebuah kamera depan dan kekuatan baterai yang diklaim mapu bertahan hingga 4 jam.

Selain itu tablet ini telah dibekali OS Android Ice Cream Sandwich, berbeda dengan seri sebelumnya yakni Aakash yang masih dibekali Android Froyo.

(ash/ash)