Nokia Akui 'Palsukan' Iklan PureView

Nokia Akui 'Palsukan' Iklan PureView

- detikInet
Kamis, 06 Sep 2012 12:15 WIB
Screenshot video promosi OIS Nokia 920 (Nokia)
Jakarta - Lini baru smartphone Nokia sudah resmi dirilis. Sayang, di tengah gencarnya kampanye vendor asal Finlandia itu terdapat satu berita yang kurang mengenakkan.

Sebuah video yang dipakai Nokia untuk mengiklankan keampuhan fitur Optical Image Stabilizationnya (OIS) di Lumia 920 malah mengundang kritikan.

Pasalnya, video yang dipamerkan belakangan diketahui bukan diambil dengan ponsel Lumia yang dimaksud. Video promosi itu menampilkan dua orang yang sedang mengendarai sepeda dengan salah satu talentnya melakukan perekaman.

Adalah The Verge yang menyadari keberadaan bayangan yang tertangkap di iklan tersebut, di mana mengindikasikan bahwa rekam jejak ini ternyata diambil dengan memakai kamera video regular.

Tak menampik kritikan, pihak Nokia pun mengakui kesalahan yang mereka buat. Dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (6/9/2012), Nokia berdalih dengan mengatakan bahwa mereka memproduksi video itu hanya untuk melakukan 'simulasi' image yang mungkin bisa didapat dengan OIS barunya.

"Kami seharusnya menampilkan disclaimer yang menyatakan bahwa video ini hanyalah representasi dari OIS," demikian dikatakan juru bicara Nokia, Heidi Lemmeteyinen dalam postingan blog Nokia.

Ditegaskan lagi olehnya, "Ini (video-red) tidak diambil dengan menggunakam Lumia 920. Kami meminta maaf atas kebingungan yang muncul". Nokia sendiri kini telah memposting video baru di channel YouTube yang menunjukkan perbedaan kualitas video antara smartphone tanpa OIS dan Lumia 920 PureView.

Kemampuan kamera di smartphone Nokia terbaru ini memang menjadi salah satu yang diunggulkan untuk menarik perhatian konsumen. Seperti dijanjikan, Nokia turut memboyong teknologi PureView yang ada di seri 808.

Namun alih-alih membekalkan resolusi 41MP, Nokia memilih untuk membatasinya di angka 8MP meski mengklaim kemampuannya juga tak bisa diragukan. Nah, di atas PureView yang digembar-gemborkan, di seri smartphone terbarunya ini Nokia juga menonjolkan fitur OIS baru.

Seperti diketahui keberadaan fitur OIS salah satunya akan mempertahankan kualitas foto, terutama saat terjadi guncangan ketika pengambilan gambar. Nokia percaya dengan kemampuannya ini, pihaknya mampu lebih berkompetisi dengan smartphone-smartphone lain ketika menyinggung mengenai imaging.


(sha/tyo)