Sabtu, 03 Mar 2012 14:55 WIB

´╗┐BlackBerry Casual Meetup 2012

Penggiat BlackBerry Bandung Coba Mendunia

- detikInet
Bandung - Puluhan developer dari Bandung dan sekitarnya berkumpul dan berbagi pengalamannya. Dari Bandung mereka mencoba mendunia.

Gelaran BlackBerry Casual Meetup 2012 di Vanilla Kitchen and Wine, Jalan Cimanuk, Bandung ini merupakan acara meetup BlackBerry yang pertama kali di dunia.

"Ini pertama kali di dunia. Acara meetup BlackBerry dengan konsep casual," ungkap Dedi Avianto, inisiator BlackBerry Casual Meetup 2012 saat berbincang dengan detikINET disela-sela acara, Sabtu (3/3/2012).

Acara ini membahas habis BlackBerry development, khususnya mengembangkan aplikasi BlackBerry smartphone dan PlayBook menggunakan WebWorks dan Flex/Air.

Training singkat WebWorks dan Flex/Air Development diberikan oleh BBDevID,Deddy Avianto (IDBERRY), dan Abul A'la Almaujudy (Better-B), serta presentasi aplikasi dan games oleh Asep Bagja dan Arisetyo.

Jason Saunderson dari Research in Motion (RIM), principal BlackBerry dalam pembukaan acara sempat mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung penuh aktifitas-aktifitas komunitas semacam ini. Menurutnya pengembangan BlackBerry sebagai platform juga membuka kesempatan para developer untuk mendunia.

Acara ini sendiri dapat terselenggara atas kolaborasi BBDevID, IDBERRY, GameDevID dan FOWAB.

Rencananya, gelaran serupa akan diadakan di beberapa kota besar lainya seperti Malang (10 Maret), Yogyakarta (17 Maret), Jakarta (24 Maret) dan Bali (7 April).

"Bandung adalah kota pembuka. Setelah Bandung, kota-kota besar lainnya menyusul. Sesuai dengan konsepnya yang Pen kita selalu menggandeng komunitas lokal untuk menggelar acara ini," tukas pria yang akrab dipanggil Om Ded ini.


(afz/sha)