Selasa, 08 Nov 2011 10:34 WIB

Nook Tablet Siap Beradu dengan Kindle Fire

- detikInet
Jakarta - Barnes & Noble Inc. menjawab aksi yang dilakukan rivalnya yakni Amazon yang lebih dulu meluncurkan komputer tablet. Kini, toko buku terbesar di Amerika tersebut turut terjun di market ini.

Nook Tablet adalah piranti yang sudah tersedia melalui pre-order dan akan dikapalkan di toko-toko Barnes & Noble serta retailer-retailer. Harganya lebih mahal sekitar USD 50 dari Kindle Fire milik Amazon.

Lantas bagaimana dengan spesifikasinya? Diklaim oleh chif executive William Lynch bahwa dengan harga yang lebih mahal ia menawarkan pengalaman yang lebih cepat dan mulus saat membaca buku, ngegame atau menonton film.

Nook Tablet dipersenjatai dengan 'lemari' penyimpanan sebesar 16 GB dan RAM 1 GB. Sebagai perbandingan, Kindle Fire mempunyai 'lemari' yang lebih kecil yakni 8 GB dan RAM 512 MB.

Dikutip detikINET dari LATimes, Kamis (8/11/2011), Nook Tablet menjanjikan daya tahan baterai yang lebih lama yakni higga 11,5 jam, lebih awet daripada Kindle Fire yang memiliki ketahanan hingga 8 jam saja.

Mengenai sistem operasi, kedua piranti yakni Kindle Fire dan Nook memakai OS Android Gingerbread dan terkoneksi dengan internet via Wi-Fi tanpa penawaran 3G atau 4G. Keduanya juga memiliki penyimanan berbasis cloud.

Apabila Kindle Fire menawarkan konten yang melimpah, maka Barnes & Noble berfokus pada konten bacaan digital. Sedang untuk konten musik, acata TV dan film, mereka menyerahkannya pada penyedia layanan seperti Netflix, Hulu dan Pandora yang sudah pre-installed di Nook Tablet.

"Kindle Fire adalah mesin jualan bagi Amazon, sedang Nook Tablet memungkinkan pengguna untuk mendapatkan musik dan video dari sumber manapun yang mereka suka," ujar Lynch.

Seperti yang dikutip detikINET dari LATimes, Selasa (8/11/2011), Nook Tablet akan diluncurkan pada 17 November nanti dengan label harga USD 249 atau sekitar Rp 2,2 juta.



(sha/sha)