Ponsel Windows Nokia Ancam iPhone & Android

Ponsel Windows Nokia Ancam iPhone & Android

- detikInet
Kamis, 27 Okt 2011 08:05 WIB
London - Ponsel Windows keluaran Nokia yang lama ditunggu penggemar akhirnya hadir. Ajang Nokia World 2011 di London jadi arena lahirnya Nokia Lumia 800 dan Lumia 710. Peluncuran ponsel Windows ini menjadi babak baru bagi Nokia untuk melakukan perlawanan di pasar smartphone, menghadapi iPhone dan Android.

"Ini adalah permulaan baru untuk Nokia," tegas Stephen Elop, CEO Nokia ketika memperkenalkan dua ponsel tersebut, seperti detikINET kutip dari Reuters, Kamis (27/10/2011).

Elop yakin desain minimalis dan fitur mumpuni membuat Nokia menonjol di antara vendor Windows Phone yang lain. Lumia 800 yang jadi andalan, dibekali fitur navigasi gratis dan browser Internet Explorer 9. Sedangkan Lumia 710 adalah salah satu ponsel Windows termurah.

"Perangkat tersebut adalah awal yang bagus. Ponsel kolaborasi Nokia dan Microsoft yang sebenarnya akan keluar tahun depan. Namun sungguh sebuah tugas yang berat untuk meraih kembali pasar dari Apple dan Android," ucap Ben Wood, analis di CCS Insight.

Analis lain meyakini ponsel Windows akan menjadi amunisi yang bisa diandalkan Nokia. Kekuatan marketing Microsoft dan kesetiaan fans Nokia mungkin saja membuat ponsel tersebut sukses.

"Ponsel Lumia memiliki nilai jual yang kuat dan menawarkan desain yang sungguh berbeda dibanding perangkat Nokia sebelumnya. Perangkat ini adalah penantang yang kuat," sebut John Delaney, direktur riset di IDC.

Pernah menjadi raja di segmen smartphone, Nokia kini kembali melakukan perlawanan sengit dengan Windows Phone. iPhone dan Android sepertinya harus waspada dengan sepak terjang sang vendor asal Finlandia itu dengan amunisi barunya.


(fyk/sha)