Penjualan BlackBerry PlayBook Melempem

Penjualan BlackBerry PlayBook Melempem

- detikInet
Kamis, 15 Sep 2011 15:32 WIB
Jakarta - BlackBerry PlayBook sepertinya susah meraih kesuksesan di tengah para pesaingnya. Diketahui, angka penjualan per unitnya jauh tertinggal dengan komputer tablet keluaran Apple, iPad.

Menurut survey yang dilakukan oleh Bloomberg, pada kuarter terakhir lalu RIM hanya mengapalkan satu Playbook untuk setiap 19 unit iPad yang dikapalkan Apple.

Dikutip detikINET dari Bloomberg, Kamis (15/9/2011), RIM hanya menjual sebanyak 490.000 unit PlayBook di kuarter pertama, sedangkan iPad sudah terjual sekitar 9,25 juta unit dalam periode yang sama.

"Hal ini menunjukkan bawa prospek perusahaan RIM hanya akan bergantung pada generasi baru BlackBerry," ujar Charlie Wolf, analis dari Needham & Co di New York.

Jumlah unit PlayBook yang akan dipasarkan oleh RIM di tahun ini juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pemasaran iPad dan Galaxy Tab.

Dilaporkan, RIM hanya akan memasarkan 1,5 juta tablet, sedang Apple akan memasarkan 39,2 juta iPad dan Samsung akan mengapalkan 7 juta Galaxy Tab-nya.

PlayBook dikenalkan oleh RIM pada bulan April di Amerika dan Kanada dengan harga USD 500.

Ia memiliki layar yang lebih kecil dibandingkan dengan iPad sehingga membuat mantan CEO Apple Steve Jobs menjuluki tablet tersebut dengan 'tweeners'. Ia terlalu besar untuk menjadi sebuah smartpone namun terlalu kecil untuk menjadi sebuah tablet.

Ukuran yang terbilang 'nanggung' ini kelihatannya menjadi salah satu faktor melempemnya PlayBook di pasaran.

Akan tetapi bukan hanya RIM saja yang terengah-engah mengejar ketertinggalan dengan iPad. Seperti diberitakan sebelumnya piranti TouchPad milik Hewlett-Packarad juga akhirnya distop produksinya karena tidak berhasil menggaet hati konsumen.


(sdj/wsh)