Motorola Xoom Memulai Debut dengan USD 800

Motorola Xoom Memulai Debut dengan USD 800

- detikInet
Rabu, 23 Feb 2011 15:03 WIB
Jakarta - Motorola Xoom, tablet PC yang menuai kontroversi lantaran sempat menyindir iPad dan Galaxy Tab dalam iklannya, akhirnya segera dilepas ke pasaran. Benar saja, harga Xoom dipatok di angka USD 800.

Xoom direncanakan akan memulai debutnya pada Kamis (24/2/2011) besok, di pasar Amerika Serikat. Verizon pun menjadi operator yang pertama mengusungnya.

Dalam penawarannya, Verizon memiliki dua opsi paket penjualan. Pertama, melepas Xoom dengan tebusan USD 800 tanpa paket data. Kedua, ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih turun, yakni USD 600 dengan embel-embel harus terikat paket data selama dua tahun.

Dikutip detikINET dari AFP, Rabu (23/2/2011), paket data 3G di Verizon sendiri dipatok di angka USD 20 untuk sebulan dengan kapasitas 1 GB.

Xoom sempat menarik perhatian di awal kemunculannya. Apalagi kalau bukan lantaran kemasan iklannya yang begitu apik, meski cukup menohok dua pesaingnya, iPad dan Galaxy Tab.

Xoom tak hanya menarik dalam berpromosi. Secara kemampuan, tablet PC yang memiliki lebar layar 10,1 inch ini juga cukup mumpuni. Satu hal yang menjadi andalannya adalah, ia merupakan tablet PC pertama yang mengusung sistem operasi Android 3.0 Honeycom.

Honeycomb merupakan OS Android yang dikembangkan khusus untuk tablet PC. Berbeda dengan seri-seri Android terdahulu seperti Android 2.2 (Froyo), 2.3 (Gingerbread) dan lainnya yang pada awalnya didesain untuk smartphone. Jadi secara performa dan kehandalan, Xoom cukup menjanjikan.

Dari segi fitur, Xoom dilengkapi dual kamera (depan 2 megapixel dan belakang 5 megapixel). Dan tak hanya untuk menjepret foto serta merekam video, perangkat ini juga diklaim bisa digunakan untuk video chat.

"Ini benar-benar tablet generasi terbaru," umbar tim Motorola Mobility Device, Alain Mutricy.

Hanya saja, Xoom masih disangsikan lantaran harga jualnya yang terbilang premium. Pasalnya, pesaing mereka saat ini sudah banyak yang bermain dengan harga di bawah USD 600.

Namun jika dibandingkan dengan iPad, harga Xoom sepertinya cukup berimbang. Harga iPad memang ada yang dipatok di angka USD 499, namun itu untuk versi yang paling rendah yakni cuma dilengkapi Wi+fi ditambah hardisk 16GB.

Nah, untuk iPad yang berada di level atas -- yang memiliki hardisk 64GB dan sudah dilengkapi Wi-Fi dan 3G -- harganya tetap saja dibanderol di angka USD 829.              

(ash/fyk)