Bos BlackBerry Balas 'Serangan' Steve Jobs

Bos BlackBerry Balas 'Serangan' Steve Jobs

- detikInet
Rabu, 20 Okt 2010 11:07 WIB
Jakarta - Bos Apple, Steve Jobs mengeluarkan berbagai pernyataan yang membuat panas kuping para pesaing. Tak heran jika pimpinan vendor yang jadi sasaran Jobs tak kalah pedas bikin komentar balasan.

Selain menyindir tablet pesaing iPad, Jobs juga meremehkan BlackBerry. Dia menyatakan, penjualan iPhone 4 sebesar 14,1 juta unit di periode kuartal terakhir dengan mudahnya mengangkangi penjualan BlackBerry yang sebesar 12,1 juta.

"Saya tidak melihat RIM bisa melampau kami di masa depan," ucap Jobs, seperti detikINET kutip dari PCMag, Rabu (20/10/2010).

Tak hanya itu, Jobs juga menyebutkan RIM selaku produsen Blackerry kesulitan menandingi Apple dalam soal aplikasi. Terkesan pongah, Jobs memaparkan bahwa sekitar 300 ribu aplikasi yang kini ada di App Store sangat sukar ditandingi RIM.

Tanggapan RIM

Tersengat oleh pernyataan Jobs, CEO RIM, Jim Balsille segera menanggapi. Untuk soal tablet Playbook yang juga disindir Jobs karena layarnya yang 7 Inch, Balsille menyindir bahwa Apple mengalami semacam distorsi.

"Bagi mereka yang berada di luar ladang distorsi Apple, kami tahu tablet 7 Inch bakal memiliki porsi besar di pasar dan kami juga tahu keberadaan Adobe Flash berguna bagi konsumen," tukas Balsille.

Balsille juga menanggapi komentar Jobs soal penjualan. "RIM mencapai rekor pengapalan BlackBerry 5 kuartal berturut-turut dan pada kuartal terakhir, kami menjual sekitar 13,8 sampai 14,4 juta unit," tambah Balsille.

Balsille menambahkan, penghtungan Apple tidak adil karena mereka menghitung penjualan sampai bulan September, sementara RIM sampai bulan Agustus. Dan terakhir, Balsille mengkritik kebijakan App Store Apple yang terlalu ketat prosedur dan kebijakannya.

"Mungkin usaha Apple mengkontrol ekosistem dan mempertahankan platform tertutup baik bagi mereka, namun developer butuh lebih banyak opsi. Kami kira, banyak kustomer juga lelah dikontrol Apple," pungkasnya.

(fyk/rns)