Android Libas iPhone dan BlackBerry

Android Libas iPhone dan BlackBerry

- detikInet
Rabu, 06 Okt 2010 16:02 WIB
Jakarta - Prediksi bahwa Android bakal merajai percaturan smartphone kian mendekati kenyataan. Tengok saja data terakhir penjualan ponsel di Amerika Serikat, Android melesat di posisi puncak.

Penelitian dari biro riset Nielsen menunjukkan, Android menguasai 32% penjualan smartphone baru di AS pada bulan Agustus 2010. Android mengangkangi Apple dan BlackBerry yang masing-masing memiliki 26% dan 25% market share.

Ponsel Android rupanya jadi favorit para pembeli smartphone baru. Inilah alasan OS besutan Google itu terus menanjak popularitasnya. Akan tetapi jika dirangkum dari seluruh market share smartphone, Android masih sedikit di belakang.

Data kompilasi dari bulan Januari 2010 sampai Agustus 2010 mengungkap, BlackBerry masih paling top di AS dengan pangsa pasar 31%. Seperti detikINET kutip dari PCMag, Rabu (6/9/2010), Apple iOS menguntit dengan 28% diikuti Android dengan 19%.

Namun perlu dicatat bahwa dari bulan ke bulan, pangsa pasar Android cenderung stabil atau menaik. Jadi sah-sah saja rasanya jika dikatakan Android jadi ancaman sangat serius bagi BlackBerry maupun iPhone.

Data yang dirilis Nielsen tersebut konsisten dengan keluaran biro riset lainnya. NPD juga menyebut bahwa ponsel Android dibeli paling banyak pada kuartal kedua 2010, dengan raihan 33%. (fyk/ash)