Selasa, 21 Sep 2010 15:14 WIB

Android Diramal Jadi Smartphone Terpopuler

- detikInet
Jakarta - Prediksi bahwa smartphone berbasis Android akan menyongsong masa depan cerah kian menguat seiring pertumbuhan pangsa pasarnya yang terus meningkat. Bahkan, smartphone Android diprediksi akan menjadi yang paling populer pada 2015.

Seperti diketahui, kepopuleran Android kerap menjadi topik hangat yang menghiasi pemberitaan media. Prestasi ini bahkan disebut-sebut mulai mengikis kekuasaan iPhone dan BlackBerry yang menjadi kompetitornya.

Analis dari Informa, Malik Kamal-Saadi memprediksi, akan ada lebih dari satu miliar konsumen yang berlangganan layanan smartphone di 2013 dan lima tahun kedepan setengah miliar orang akan memakai perangkat berbasis Android.

"Pertumbuhan ini dipicu oleh kompetisi yang kian ketat di antara para vendor papan atas seperti Google, Research In Motion (RIM), Apple dan Microsoft yang berlomba menciptakan pengalaman terbaik bagi pengguna dengan harga terjangkau," kata Kamal-Saadi.

Seperti dilansir detikINET dari Telegraph, Selasa (21/9/2010), Kamal-Saadi juga mengatakan Nokia, yang pernah berjaya sebagai vendor ponsel terpopuler asal Finlandia, tergerus dari tren ini. Para analis di Informa memperkirakan pangsa pasar Symbian dari total pengguna smartphone akan menurun signifikan dari 53 persen di 2009 menjadi 32 persen pada 2015.

"Dalam hal penjualan, smartphone berbasis Android akan lebih dini meninggalkan smartphone Symbian, yakni pada 2012," ujarnya.

Dia menambahkan, Nokia akan terus ditekan untuk mengubah strategi mereka jika tidak ada inovasi yang terwujud pada platform Symbian.

(rns/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed