'Dikeroyok' Rival, Bagaimana Nasib iPad?

'Dikeroyok' Rival, Bagaimana Nasib iPad?

- detikInet
Senin, 06 Sep 2010 10:13 WIB
Jakarta - Para vendor teknologi tengah berlomba membuat tablet tandingan iPad, sebut saja Samsung Galaxy Tab atau LG Optimus Pad. Lalu bagaimana nasib produk keluaran Apple ini di tengah 'keroyokan' rivalnya tersebut, masih tetap berjaya atau perlahan pudar?

Jika pertanyaan ini dikemukakan pada Ray Chen, presiden Compal Electronics, jawaban yang keluar dari mulutnya akan diiringi dengan nada optimisme. Menurut bos dari perusahaan pembuat pesanan laptop dan bermacam gadget ini, penjualan iPad tetap akan lebih tinggi daripada para pesaingnya.

"Setidaknya sampai tahun 2011," demikian menurutnya, seperti dikutip detikINET dari DigiTimes, Senin (6/3/2010).

Chen meyakini, jumlah penjualan gabungan para tablet selain iPad akan mencapai 10 sampai 12 juta unit pada 2011. Ia menegaskan, angkanya tidak akan bisa menembus 15 juta unit.

Penjualan Apple iPad diyakini bakal melebihi kombinasi penjualan pabrikan lain tersebut. Hanya saja Chen tidak menyebut angka pastinya. Para pesaing pun akan menyadari bahwa tidak mudah untuk bertanding lawan iPad.

Pendapat berbeda sebelumnya telah dikemukakan oleh JT Wang, chairman Acer Group. JT Wang meyakini tablet berbasis Google Android akan dengan cepat melibas iPad dengan pangsa pasar tablet di ranah global antara 20% sampai 30%.

Menarik ditunggu proyeksi siapa yang akhirnya jadi kenyataan.

(fyk/rou)