BlackBerry Tour 'Terjun Bebas' dari Rp 8,5 Juta ke Rp 3,4 Juta

ADVERTISEMENT

BlackBerry Tour 'Terjun Bebas' dari Rp 8,5 Juta ke Rp 3,4 Juta

- detikInet
Senin, 22 Feb 2010 12:55 WIB
Jakarta - Di awal kemunculannya pertama kali di Indonesia, para penjual BlackBerry non operator langsung mematok harga tinggi untuk Tour 9630. Harga yang dibanderol mencapai Rp 8,5 juta, itu pun produk pasar gelap (black market/BM).

"Wah tadinya mahal banget, sampai Rp 8,5 juta itu BM lagi. Tapi laku, saya sempat jual dengan harga segitu kok," ujar seorang penjual BlackBerry di salah satu pusat penjualan elektronik kepada detikINET, Senin (22/2/2010).

Tour 9630 sendiri, lanjut sang penjual, pertama kali muncul di pasar ponsel Tanah Air pada pertengahan 2009 lalu. Mungkin karena 'keunikannya' yang bisa dipakai sekaligus oleh dua nomor -- GSM dan CDMA -- produk ini masih ada yang mencari meski mahal.

"Padahal saat itu harganya jauh lebih tinggi dari Bold," lanjutnya.

Namun sekarang, harga Tour 9630 di pasaran sudah 'terjun bebas' dari harga awalnya. Dari beberapa pemantauan detikINET, beberapa toko memang menawarkan produk ini dengan harga yang tidak seragam.

Ada yang Rp 3,8 juta, Rp 3,5, dan yang paling rendah ditemukan seharga Rp 3,4 juta. "Harga awalnya Rp 3,45 juta, tapi paling kita lepasnya cuma turun Rp 50 ribu. Jadi Rp 3,4 juta lah," ujar seorang penjual lainnya.

Sementara itu, perangkat yang termasuk dalam kategori BlackBerry World Edition itu akan beredar secara resmi di Indonesia mulai Maret 2010 mendatang dengan digandeng Indosat. (ash/wsh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT