Windows Mobile Telah Mati! Inilah Windows Phone 7

MWC 2010

Windows Mobile Telah Mati! Inilah Windows Phone 7

- detikInet
Selasa, 16 Feb 2010 11:39 WIB
Jakarta - Sebuah display terpampang dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2010. Isinya sangat mengejutkan, "Windows Mobile Takkan Ada Lagi".

Hal tersebut memang benar adanya. Pasalnya, Microsoft telah meluncurkan sesuatu yang baru, bernama Windows Phone 7 Series (WP7). Perubahan besar kini terjadi di ranah smartphone Microsoft. Tak hanya sekedar ganti tampilan, pengguna nantinya bisa mengakses Zune dan Xbox Live gamer card pada ponsel Windows.

"Windows Mobile telah mati," ujar Aaron Woodman, Director of the Mobile Communications Business, seperti dikutip detikINET dari PC Mag, Selasa (16/2/2010).

Pernyataan Woodman tersebut seolah menegaskan bahwa Windows telah meluncurkan sesuatu yang berbeda dari seri Windows Mobile sebelumnya. Kini start menu, soft key dan home screen telah hilang. Tampilan WP7 kini benar-benar baru, bukan sekedar sebuah sistem operasi ponsel.


Tampilan Windows Phone 7


Sama seperti OS Windows 7, WP7 kini dilengkapi fitur multi-touch dengan display WVGA berteknologi sub pixel positioning. Teknologi ini diklaim Microsoft memudahkan sebuah teks untuk terbaca dalam keadaan apapun.

Tampilan layar WP7 ini lebih terkesan 'tebal' dengan lima buah ikon yang dapat diakses langsung. Di antaranya: Internet Explorer, Phone, Text, People, Pictures dan Multimedia (Zune).

Saat pengguna mengakses ikon Multimedia, WP7 langsung berubah fungsi menjadi Zune. Alhasil layaknya Zune, pengguna dapat menikmati konten2 hiburan. Sangat praktis.

Dib awah ikon tersebut masih terdapat lima kolom besar: Calendar, Exchange, Windows Live, Me serta Xbox Live. Yang dipajang dalam MWC 2010 tersebut saat ini hanyalah prototype. Pihak Microsoft akan menjelaskan lebih lanjut pada Maret mendatang, pada konferensi developer bertajuk MIX.


Kapan Beredar?


Banyak pihak di MWC mengatakan bahwa WP7 memang luar biasa. Beberapa vendor seperti: Dell, Garmin-Asus, HTC, HP, LG, Samsung, Sony Ericsson dan Toshiba telah melakukan penjajakan.

Sayang WP7 direncanakan baru hadir pada 10 bulan mendatang. Nampaknya Microsoft masih mau bersabar menunggu langkah kompetitor mereka seperti: iPhone 4, Symbian 3, dan 'sesuatu' yang baru dari Google. Namun pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apakah 10 bulan mendatang WM7 akan masih terasa spesial?

(fw/ash)