Kasus 'Layar Hitam Kematian' Microsoft

Kasus \'Layar Hitam Kematian\' Microsoft

ADVERTISEMENT

Kasus 'Layar Hitam Kematian' Microsoft

- detikInet
Rabu, 02 Des 2009 07:15 WIB
Jakarta - Microsoft tengah menginvestigasi laporan tentang sebagian komputer Windows yang mengalami masalah Black Screen of Death alias 'layar hitam kematian'. Dalam kasus ini, update sekuriti untuk Windows diklaim membuat layar PC malah berubah jadi hitam total.

"Microsoft menginvestigasi laporan bahwa update sekuriti terbaru membuat masalah pada sistem. Jika kami sudah selesai menginvestigasinya, kami akan menyediakan panduan detail untuk mencegah masalah ini," tukas juru bicara Microsoft.

detikINET dari kutip dari ComputerWorld, Rabu (2/12/2009), pada bulan November lalu Microsoft merilis beberapa patch dalam enam paket update sekuriti. Namun patch untuk menambal celah keamanan itu tanpa diduga malah menyebabkan kerusakan.

Mulanya, masalah ini dikemukakan biro sekuriti Inggris, Prevx. Mereka mengklaim update sekuriti di Windows membuat beberapa software yang sudah terinstal ternyata tak bekerja dengan baik. Akibatnya komputer jadi crash dan layar pun menghitam.

"Gejalanya amat khusus dan menyusahkan. Setelah logging on, tidak ada apapun. Anda hanya akan menjumpai layar hitam total dengan hanya sebuah jendela My Computer Explorer," jelas Prevx.

Prevx menilai masalah ini bisa muncul di berbagai versi Windows, dari Windows NT sampai Windows 7. Penyebabnya, menurut Prevx bisa bermacam-macam, dan tak hanya terkait update sekuriti saja.

Belum jelas seberapa serius masalah ini dan seberapa banyak user yang terkena efek. Namun beberapa user memang mengeluh di forum support Microsoft bahwa mereka mengalami masalah itu. (fyk/rou)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT