Kamis, 11 Des 2008 07:16 WIB

Isi Ulang Kilat, Baterai Laptop Tokcer Hingga 3 Tahun

- detikInet
Jakarta - Pada umumnya, baterai laptop hanya mampu bertahan selama beberapa jam. Namun, kini ada sebuah baterai laptop yang mampu bertahan hingga tiga tahun. Pun, hanya membutuhkan waktu singkat untuk mengisi ulang.

Adalah Boston Power yang mengembangkan baterai super bernama Sonata ini. Baterai ini akan diberi merek baru oleh Hewlett Packard (HP) - yang menjadi rekanan Boston Power - yakni Enviro.

Dilansir PCWorld dan dikutip detikINET, Kamis (11/12/2008), baterai ini dapat diisi ulang hingga kapasitas 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Keistimewaan lain yang ditawarkan, baterai ini diklaim tahan diisi ulang hingga 1.000 kali, sementara umumnya baterai laptop hanya tahan diisi ulang 300 kali. Cukup diisi ulang sekali, baterai ini diklaim tokcer hingga tiga tahun, bahkan bisa mencapai empat tahun jika hanya digunakan pada hari kerja.

HP akan memberi garansi tiga tahun untuk baterai tersebut. Dengan keistimewaan yang ditawarkan, baterai tersebut akan lebih mahal sekitar US$20-US$30 dari harga baterai standar, dan akan mulai ditawarkan awal 2009.

Untuk sementara baterai ini baru akan tersedia di Amerika Utara, tapi HP berencana memperluas penjualan baterai tersebut ke pasar yang lain. Sebagian besar baterai ini akan diproduksi oleh GP Batteries Taiwan dan sebagian lagi oleh HYB Batteries di China.

(faw/dwn)