BERITA TERBARU
Kamis, 29 Des 2016 15:09 WIB

CompareIT

PS4 Slim vs Xbox One S: Satu Tujuan, Beda 'Agama'

Yudhianto - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Saat ini, ada dua konsol game yang paling mendominasi, yakni PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One. Mana yang lebih baik? detikINET mencoba mencari jawabannya.

Sudah lebih dari satu dekade, kedua konsol saling beradu teknologi untuk memikat gamer. Tapi sejatinya PlayStation keluar lebih dulu, Xbox baru muncul di generasi kedua konsol bikinan Sony itu sebagai penantangnya.

Semenjak itu, 'pertikaian' antara kedua konsol seakan tak berhenti. Ketika Sony merilis PlayStation 3, Xbox 360 ikutan dirilis oleh Microsoft selaku pembesutnya sebagai lawan seimbang. Begitu juga ketika Sony berencana meluncurkan PS4, Microsoft mencuri start dengan lebih dulu mengumumkan Xbox One.

Tapi tak seperti di generasi-generasi sebelumnya, pertarungan antara PS4 dan Xbox One terbilang menarik. Pasalnya meski beda platform, kedua konsol benar-benar menggunakan spesifikasi yang sama persis. Jeroan keduanya dipercayakan penggarapannya oleh AMD.

Praktis keduanya pun menyodorkan tampilan grafis yang tak berbeda jauh. Jadi untuk pertama kalinya, seakan tak ada perbedaan teknologi antara PS4 dan Xbox One. Meski tentu saja masing-masing platform pasti punya kelebihannya masing-masing.

Belakangan, baik Sony maupun Microsoft menyempurnakan PS4 dan Xbox One lewat versi yang lebih compact. Keduanya dinamai PS4 Slim dan Xbox One S. Tak hanya desain yang lebih seksi, teknologi grafis terbaru pun dibenamkan demi makin memanjakan gamer.

Namun kesamaan teknologi yang dimiliki PS4 Slim dan Xbox One S nyatanya belum bisa menodai kesetiaan fansboy kedua konsol. Masing-masing bertahan dengan 'agamanya', walau secara teknis keduanya menyodorkan tujuan yang sama.

Tanpa lebih banyak lagi panjang lebar, mari bandingkan kedua konsol serupa teknologi tapi beda platform ini. Mana yang lebih baik?

PS4 Slim vs Xbox One S: Satu Tujuan, Beda 'Agama'Foto: Istimewa

PlayStation 4 Slim

Konsol PlayStation generasi keempat ini disalip peluncurannya oleh Xbox yang jadi pesaing abadinya. Tapi terlepas dari itu, PS4 tak mengecewakan para fans. Konsol game ini tampil mengagumkan lewat grafis memukau dan tentu saja desain yang lebih segar.

Ok, langsung ke spesifikasi. PS4 dibekali prosesor x86-64 berteknologi octa core bikinan AMD dengan sandi Jaguar. Sedangkan untuk menangani grafisnya, PS4 dipercayakan pada chip Radeon yang diklaim punya kemampuan hingga 1,84 teraflops. Belum lagi Sony juga membenamkan besaran RAM jenis GDDR5 yang mencapai 8 GB.

Melihat spesifikasi yang diusungnya itu, jangan kaget kalau PS4 mampu menyodorkan performa yang lompat beberapa langkah dibanding generasi sebelumnya.

Beralih dari spesifikasi, kelebihan PS4 juga terletak di konten-konten yang dimiliki. Sony selaku pembesut PS4 menyodorkan sejumlah game eksklusif yang sulit ditolak gamer. Sebut saja The Last of US, seri Uncharted 4, God of War, Gran Turismo, dan lain-lain.

Ditambah lagi, Sony juga sudah mulai menjual kacamata PlayStation virtual reality (PS VR). Sehingga bikin konsol ini makin punya banyak kelebihan, dan tentu saja makin dicintai fans.

PS4 Slim adalah salah satu varian baru konsol asal Jepang ini. Desainnya yang lebih compact jadi kelebihan yang ditawarkan. Tapi tak hanya itu, di balik bodinya PS4 Slim ternyata juga punya spesifikasi yang lebih baik dari versi reguler.

Alhasil, di atas kertas PS4 Slim punya performa yang lebih baik. Selain itu konsol ini juga menawarkan fitur grafis terbaru yang tidak disodorkan PS4 reguler, yakni HDR 10. Klaimnya, fitur ini mampu bikin tampilan grafis semakin realistis dan natural.

PS4 Slim vs Xbox One S: Satu Tujuan, Beda 'Agama'Foto: Istimewa

Xbox One S

Microsoft memastikan tak ingin lagi berada di belakang PlayStation soal inovasi. Oleh karenanya, perusahaan asal Amerika Serikat itu lebih dulu merilis Xbox One ketimbang PS4. Mengacu pada spesifikasi yang diusungnya, gamer seluruh dunia pun sempat dibikin terpana.

Secara spesifikasi, hampir dipastikan Xbox One punya spesifikasi yang sangat mirip dengan yang terbenam di PS4. Prosesornya sama-sama berteknologi x86-64 octa core bikinan AMD dengan sandi Jaguar.

Yang membedakan adalah jenis RAM yang digunakan. Meski kapasitasnya sama-sama 8 GB, Xbox One mengusung GDDR3. Sedangkan PS4 sedikit lebih baik dengan RAM GDDR5. Tapi tentu Microsoft punya alasan khusus kenapa memilih GDDR3.

Beralih ke konten, strategi game eksklusif juga tak luput dimanfaatkan Xbox One. Konsol bikinan Microsoft ini juga punya segudang game andalan, seperti seri Gears of Wars, Halo, Forza, dan yang lainnya.

Tapi terlepas dari itu, Xbox One juga punya kelebihan yang jadi ciri khasnya. Xbox sejak awal punya yang namanya Kinect, inilah aksesoris yang jadi pembeda Xbox One dengan PS4. Konsol game Sony memang punya penantangnya yang dinamai PS Eye, tapi sepertinya belum sanggup untuk mengimbangi Kinect milik Xbox One.

Selain itu, daya tarik Xbox One juga terletak di stik kontrolernya. Desainnya yang diakui sangat nyaman oleh gamer telah menjadikan stik Xbox menjadi pakem desain, untuk banyak stik yang ditawarkan pihak ketiga. Ditambah lagi Microsoft juga merilis versi eksklusif yang dinamai Elite, yang bikin banyak fans Xbox One makin kesengsem.

Seiring perjalanannya, Xbox One juga berevolusi menjadi semakin ramping. Microsoft menamainya dengan sebutan Xbox One S. Tak cuma ramping, konsol ini juga menyodorkan teknologi grafis yang lebih baik lagi.

Seperti PS4 Slim, konsol game berlogo huruf X ini juga memanjakan gamer dengan HDR 10. Alhasil, tampilan game yang telah mendukung teknologi grafis itu pun lebih realistis dan juga natural bak di dunia nyata.

Nah, kalau kalian pilih PS4 atau Xbox One? Sampaikan komentar kalian di bawah ini. (yud/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed