Peringatan Pegawai Google yang Kena PHK: Semua Bisa Kena!

Peringatan Pegawai Google yang Kena PHK: Semua Bisa Kena!

ADVERTISEMENT

Peringatan Pegawai Google yang Kena PHK: Semua Bisa Kena!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 25 Jan 2023 18:11 WIB
LAS VEGAS, NEVADA - JANUARY 06:  Attendees visit the Google booth at CES 2023 at the Las Vegas Convention Center on January 06, 2023 in Las Vegas, Nevada. CES, the worlds largest annual consumer technology trade show, runs through January 08 and features about 3,200 exhibitors showing off their latest products and services to more than 100,000 attendees. (Photo by Alex Wong/Getty Images)
Pesan Pegawai Google yang Kena PHK: Semua Bisa Kena. Foto: Getty Images/Alex Wong
Jakarta -

Perusahaan sebesar dan sementereng Google baru saja menggelar PHK 12 ribu karyawan. Cukup banyak pegawai Google yang kena PHK itu merasa kaget, terlebih ada yang performanya tinggi pun tetap saja kena.

Salah satunya Chris McDonald yang menjabat Senior Software Engineer di Google. Semuanya ia sebut serba tiba-tiba. Dia dikirim email pemberitahuan PHK saat subuh dan 20 menit kemudian, dia langsung diputus dari sistem perusahaan.

Chris yang sudah 4 tahun bekerja di Google ini kebetulan terbangun pada pukul 03.00 pagi dan iseng mengecek email. Ia kaget karena diberitahu sudah tidak bekerja lagi di Google. "Aku cukup kaget, awalnya aku merasa ini adalah sebuah kesalahan," katanya.

Dikutip detikINET dari MSN, Rabu (25/1/2023) beberapa saat kemudian, dia sudah tidak bisa mengakses email ataupun lainnya. "Padahal aku merasa pegawai dengan kerja bagus. Aku dipromosikan setahun lalu. Aku menyukai timku. Aku bersemangat di pekerjaanku jadi ini benar-benar mengagetkan," paparnya.

McDonald mengatakan manajernya dan bos manajernya pun tidak tahu menahu mengapa dia diputuskan untuk diberhentikan dan hal itu juga mengejutkan bagi mereka. Cara Google melakukan PHK menurutnya menyakitkan dan mengecewakan.

McDonald sebetulnya sudah senang dengan kondisi kerja di Google dan pesimis apakah dia dapat menemukan lingkungan kerja yang sama lagi di masa depan. Timnya pun memahami dirinya sehingga membuatnya semakin betah.

Namun kini dia sudah diberhentikan. McDonald pun berpesan bahwa situasi semacam ini bisa menimpa siapa saja. "Saya berharap ini adalah panggilan untuk orang-orang yang tidak kena dan tidak diberhentikan. Bisa jadi itu menimpa Anda," katanya.



Simak Video "Google Pangkas 6% Karyawan Secara Global"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT