Karyawan Google Heran Pegawai Top Ikut Kena PHK

Karyawan Google Heran Pegawai Top Ikut Kena PHK

ADVERTISEMENT

Karyawan Google Heran Pegawai Top Ikut Kena PHK

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 22 Jan 2023 17:45 WIB
Kantor Pusat Google
Kantor Google. Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
Jakarta -

Tak tanggung-tanggung, 12 ribu karyawan Google di seluruh dunia kena PHK, sekitar 6% dari total pegawainya. Berbagai pertanyaan pun menghampiri di kalangan internal Google, terutama terkait karyawan yang berprestasi atau pun baru saja promosi tetap saja ikut kena.

Sejatinya, karyawan Google sudah bersiap untuk kemungkinan PHK sejak beberapa waktu yang lalu, namun mereka mempertanyakan tentang kriterianya. Pasalnya, beberapa karyawan yang kena PHK telah lama bekerja di Google atau baru saja dipromosikan.

Seperti dikutip detikINET dari CNBC, sejauh ini di AS, karyawan telah diberhentikan di seluruh unit bisnis termasuk divisi Chrome, Cloud, dan unit eksperimental Google. Beberapa karyawan di divisi kecerdasan buatan juga diberhentikan.

Pimpinan Google berjanji akan memberikan penjelasan tentang PHK ini, tapi dianggap belum memuaskan. PHK dinilai diputuskan begitu saja dan merugikan para karyawan, dengan kriteria yang membingungkan.

"Bagaimana PHK diputuskan? Beberapa pegawai kinerja tinggi dikeluarkan dari tim kami. Ini berdampak negatif bagi karyawan Google lain yang melihat seseorang dengan ulasan positif, promosi, tetap saja diberhentikan," tanya seorang karyawan.

"Metrik apa yang digunakan untuk menentukan siapa yang diberhentikan?" "Apakah keputusan PHK didasarkan pada kinerja mereka, ruang lingkup pekerjaan atau keduanya, atau ada hal lain?" demikian pertanyaan yang lain.

Banyak juga pertanyaan mengemuka tentang bagaimana Google yang pendapatannya begitu tinggi dan belum mengalami kesulitan berarti bahkan masih unggul di bidangnya, menggelar PHK pada 12 ribu karyawan. "Ini tidak bisa diterima oleh perusahaan yang menghasilkan laba USD 17 miliar di kuartal terakhir," cetus Parul Koul, executive chair Alphabet Workers Union.



Simak Video "Google Pangkas 6% Karyawan Secara Global"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT