Parah! Elon Musk Hilang Harta Rp 3.100 T Terbesar Dalam Sejarah

Parah! Elon Musk Hilang Harta Rp 3.100 T Terbesar Dalam Sejarah

ADVERTISEMENT

Parah! Elon Musk Hilang Harta Rp 3.100 T Terbesar Dalam Sejarah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 02 Jan 2023 11:15 WIB
Jakarta -

Elon Musk bukan lagi orang terkaya di dunia. Bahkan tidak hanya itu, menurunnya jumlah kekayaan dari nakhoda Tesla, SpaceX sampai Twitter itu adalah yang paling tinggi dalam sejarah dunia.

Seperti dikutip detikINET dari NZHerald, Senin (2/1/2023) pria kelahiran Afrika Selatan itu kehilangan sekitar USD 200 miliar atau lebih dari Rp 3.100 triliun dari kekayaannya. Itu terjadi dalam 14 bulan terakhir menurut data Bloomberg Billionaires Index.

Nah, penurunan kekayaan sebesar itu disebut sebagai yang paling tinggi dalam sejarah dunia ini. Artinya, tidak ada orang lain yang mengalami penurunan harta lebih banyak dari Elon Musk sebelumnya.

Pada November 2021, pada masa puncak harga saham di situasi pandemi Corona, Elon Musk sempat menjadi manusia terkaya dalam sejarah. Saat itu, hartanya diestimasi tembus USD 340 miliar.

Saat ini, kekayaannya tinggal USD 137 miliar, hilang separuh dari masa puncak kejayaannya itu. Ia tidak lagi orang paling kaya, dikalahkan taipan fashion asal Prancis, Bernard Arnault.

Kekayaan Elon Musk, sama seperti triliuner yang lain, berkaitan erat dengan kepemilikan saham di perusahaan-perusahaan yang dikendalikan oleh mereka. Nah, sebagian besar kekayaan Elon Musk berasal dari sahamnya di Tesla.

Masalahnya, setelah sempat membumbung begitu tinggi, harga saham Tesla jatuh secara drastis karena beberapa faktor. Tahun kemarin, saham perusahaan mobil listrik itu tercatat anjlok sampai 65%.

Pada puncaknya di Oktober 2021, kapitalisasi pasar Tesla mencapai lebih dari USD 1 triliun, menempatkannya sebagai perusahaan yang sangat elit karena begitu sedikit yang dapat menyamai valuasi itu. Kini, valuasi Tesla di kisaran USD 385 miliar, membawa kekayaan Elon Musk terjerembab bersamanya.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT