Ini Fitur di Shopee yang Bantu Produk Lokal Bisa Go Global

Ini Fitur di Shopee yang Bantu Produk Lokal Bisa Go Global

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Ini Fitur di Shopee yang Bantu Produk Lokal Bisa Go Global

Sukma Nur Fitriana - detikInet
Kamis, 29 Des 2022 16:10 WIB
Logo Shopee
Foto: dok. Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta -

Shopee terus berkomitmen menghadirkan terobosan terbaru untuk mendukung produk UMKM bisa tembus pasar global. Sampai saat ini, cara yang dilakukan Shopee adalah dengan menghadirkan beragam inovasi melalui program digitalisasi atau meningkatkan fitur dalam aplikasinya.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna mengatakan Shopee membantu akselerasi akses digitalisasi para pengusaha lokal dengan rangkaian solusi agar pengusaha lokal, termasuk UMKM bisa berdaya saing tinggi.

"Kami mengucapkan terima kasih atas sinergi yang terus terjalin dengan berbagai pihak agar bersama dapat menciptakan ekosistem digital yang komprehensif bagi pengusaha lokal," kata Monica dalam keterangan tertulis, Kamis (29/12/2022).

Berikut adalah fitur yang dihadirkan Shopee dalam membantu produk UMKM agar bisa menjangkau market yang lebih luas serta go global.

1. Fitur Shopee Pilih Lokal

Ilustrasi digitalisasi UMKMIlustrasi digitalisasi UMKM Foto: dok. Shopee


Fitur Shopee Pilih Lokal pertama kali diluncurkan pada April 2021 dan diperbarui khusus untuk menghadirkan produk lokal UMKM pada Agustus 2022. Kini, fitur tersebut ada di laman utama aplikasi Shopee dan memudahkan brand lokal untuk menarik perhatian calon pembeli.

Selain memudahkan para pembeli, fitur ini juga membantu para pengusaha lokal untuk mendapatkan akses pelatihan, pendampingan, juga ekspor hingga bisa naik kelas.

Jika pengguna menekan fitur ini, maka akan ada fitur pencarian di bagian paling atasnya. Dengan fitur pencarian ini, pengguna bisa mencari berbagai produk lokal yang hanya ada di laman Shopee Pilih Lokal.

Di bawah fitur pencarian, terdapat fitur lainnya yang juga bisa dicoba oleh para pengguna. Mulai dari promo brand lokal, koleksi pilihan, hingga produk rekomendasi dengan penawaran yang sayang untuk dilewatkan jika tidak dibeli.

2. Program Ekspor Shopee

Produk dari pelaku UMKM yang telah mengikuti Program Ekspor Shopee nantinya akan berada di kategori Produk Lokal Go Global, di fitur Shopee Pilih Lokal. Artinya, produk-produk yang ada di fitur ini adalah produk yang sudah berhasil diekspor ke berbagai negara.

Fitur ini tentunya memudahkan para pengguna yang ingin membeli produk keren, berkualitas dan tentunya sudah go global. Di laman fitur ini, para pelaku UMKM pun bisa mendaftarkan diri pada Program Ekspor Shopee dengan mudah. Diharapkan dengan mengikuti program ini, maka pelaku UMKM bisa mengekspor produknya ke berbagai destinasi di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

Manfaat dari adanya fitur ini pun dirasakan oleh pria asal Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Agus Ardian. Pria asal Kabupaten Bandung Barat ini berhasil menjual lebih dari 300 ribu tas di wilayah Indonesia, dan berhasil mengekspor produk ke sejumlah negara.

Ia mengaku dengan mengikuti Program Ekspor Shopee, dirinya mampu mempekerjakan puluhan orang karyawan di Desa Cibereum, Kabupaten Bandung Barat. Hal itu bisa ia lakukan, lantaran bisnis online-nya yang memproduksi kanvas telah berkembang dengan pesat.

"Ekspor melalui Shopee itu semudah mengirimkan barang ke dalam negeri. Siapa sangka jualan tas kanvas dari Jawa Barat bisa sampai ke seluruh Indonesia bahkan pasar mancanegara. Saya jadi bisa membuka lebih banyak lapangan pekerjaan untuk warga sekitar di desa karena pesanan yang terus meningkat," ujar Agus dalam keterangan tertulis, Senin (26/12/2022).

Sebagai informasi, dengan mengikuti program Ekspor Shopee, pelaku UMKM bisa merasakan pengalaman berjualan ke luar negeri dengan mudah dan sama saja seperti pengalaman berjualan di Indonesia. Karena dengan program ini, pengiriman dan pelayanan pembeli ke luar negeri akan diproses oleh pihak Shopee.

Mulai dari pengelolaan toko, seperti pembuatan toko untuk pasar luar negeri, pengelolaan produk dan stok,pengaturan harga, pelayanan chat pembeli, sampai proses pengiriman. Para penjual tinggal bantu produksi barangnya dan penuhi standar yang sudah Shopee tentukan.

Untuk diketahui, fitur yang mendukung UMKM ini pun telah berhasil membawa Shopee meraih penghargaan detikcom Year In Review 2022 sebagai Marketplace yang mendukung Penuh UMKM Global.

Download PDF Report di sini.



Simak Video "Geliat UMKM di Pasar Digital Melalui E-Commerce"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT