Sony Mau Bikin Pabrik Sensor Kamera Senilai Rp 91 Triliun

Sony Mau Bikin Pabrik Sensor Kamera Senilai Rp 91 Triliun

ADVERTISEMENT

Sony Mau Bikin Pabrik Sensor Kamera Senilai Rp 91 Triliun

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 19 Des 2022 13:49 WIB
Logo Sony
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Sony disebut tengah mempertimbangkan untuk membangun pabrik baru yang akan memproduksi sensor kamera untuk HP dengan nilai yang fantastis.

Dilansir harian Nikkan Kogyo, pembangunan pabrik itu diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 800 miliar yen atau sekitar Rp 81 triliun. Pabriknya akan berlokasi di prefektur Kumamoto dan paling cepat bakal beroperasi pada 2025.

Kabar serupa sebelumnya juga diberitakan oleh harian Nikkei, namun tak disebutkan nilai investasinya. Namun menurut Nikkei, Sony akan mempertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan pembangunan pabrik tersebut.

Pasalnya kondisi perekonomian saat ini sedang menurun, dan nilai investasi untuk pabrik tersebut sangat besar. Sony sendiri menolak berkomentar soal laporan Nikkei tersebut.

Di prefektur Kumamoto sebelumnya ada juga pabrik yang dibangun oleh TSMC. Di pabrik tersebut ada juga saham minor yang dimiliki oleh Sony dan Denso Corp. Pabrik tersebut akan memasok chip logic untuk sensor kamera Sony.

Sebelumnya diberitakan, Apple mengkonfirmasi kalau mereka sudah satu dekade bekerja sama dengan Sony untuk memproduksi sensor kamera yang dipakai di iPhone, yang menurut CEO Apple Tim Cook adalah sensor kamera terbaik di dunia.

Cook menyatakan hal tersebut saat berkunjung ke pabrik Sony yang berlokasi di prefektur Kumamoto, Jepang. Dalam foto yang dipostingnya di Twitter terlihat Cook sedang melihat dua buah iPhone yang terlihat dipamerkan di pabrik tersebut.

"Kami bekerja sama dengan Sony selama lebih dari satu dekade untuk menciptakan sensor kamera terbaik di dunia untuk iPhone," kata Cook di kicauannya itu, sembari mengucapkan terima kasih pada Yoshida karena sudah mengajaknya berjalan-jalan di pabrik Kumamoto.

Ini adalah pertama kalinya Apple mengungkap pemasok komponen yang dipakai di iPhone. Biasanya mereka hanya menjelaskan spesifikasi sederhana dari komponen yang dipakai itu, misalnya untuk sensor kamera, hanya resolusi, bukaan diafragma, dan sejenisnya.



Simak Video "Sony Corp Umumkan Pergantian Presiden "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT